Pembangunan Irigasi Disambut Baik Kelompok Tani

Iklan Semua Halaman

.

Pembangunan Irigasi Disambut Baik Kelompok Tani

Sku Metropolitan
Minggu, 29 Mei 2016


 

Bekasi, Metro
Demi meningkatkan hasil pertanian, Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan Pembangunan Rehabilitasi Jaringan Irigasi tersier (Jitut) pekerjaan 295 meter, sumberdana Bantuan sosial (Bansos)   di kampung Bulaksana, 01/06 Desa Jayasakti, Kecamatan Muara Gembong. Hal itu dikatakan Ketua kelompok tani Jayasakti Mandiri Utama, Nurhasan (42 th).

Nurhasan menjelaskan, pembangunan irigasi bisa mendorong peningkatan produksi pertanian di wilayah Muara Gembong. Sembilan puluh persen (90 %) pembangunan sudah dikerjakan. Sejak dua minggu lalu. Dengan pembangunan dreinase  sangat bermanfaat kepada  petani, maka para petani sangat mengharapkan pembangunan tersebut cepat selesai. "Saya sebagai ketua kelompok mengusulkan pembangunan saluran air tersebut, karena sangat dibutuhkan petani, ujarnya. 

Nurhasan menambahkan, mayoritas warga mengeluh  adanya lembanga yang mengatas namakan petani NKRI Kabupaten Bekasi, tetapi tidak pernah memperhatikan nasib petani di daerah ini. Jadi kalau ada yang mengatakan bahwa pembangunan irigasi di tempat kami diusulkan oleh orang-orang tertentu itu tidak benar. Kami bersama anggota Kelompok Tani Jayasakti Mendiri Utama mengusulkan pembangunan irigasi ke Pemda Kabupaten Bekasi. Usulan itu pun diprogramkan Dinas Pertanian, tuturnya.

Pembangunan irigasi dilakukan oleh kelompok tani sendiri, kalau ada rumor yang beredar, bahawa terjadi pemotongan anggaran sebesar dua puluh lima persen, hal itu tidak benar. Yang mengerjakan kelompok tani, rekening dipegang Ketua, Sekretaris dan bendahara Kelompok Tani, jelasnya.
Beberapa anggota Kelompak tani mengatakan, dengan adanya pembangunan irigasi  pembangunan irigasi, dapat membantu paguyuban petani. Pembangunan tersebut dapat mengairi persawahan di saat musim kemarau, katanya.  (Acep)