PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA UNTUK GENERASI MUDA

Iklan Semua Halaman

.

PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA UNTUK GENERASI MUDA

Sku Metropolitan
Minggu, 29 Mei 2016


 Oleh : SEPRIANO, S.Sos
Pada saat sekarang ini banyak sekali fenomena fenomena yang membuat hati kita terusik terlebih ketika kita sedang menyaksikan siaran televisi, bagaimana tidak banyak sekali acara televisi yang tidak sedikitpun memberikan edukasi bagi penikmat nya terlebih kepada anak-anak, hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang paling utama adalah faktor pengaruh budaya asing yang sudah menjelma menjadi kekuatan tersendiri bagi sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.
Fenomena ini tidak bisa kita biarkan terus menerus, selain dapat merusak bahkan menghilangkan nilai-nilai kebudayaan bangsa indonesia juga akan berdampak sangat buruk bagi perkembangan moral dan mental generasi penerus bangsa, tidak ada yang bisa menjaga semua pengaruh yang masuk kedalam alam pikiran anak-anak kita selain kita sebagai orang tua dan para guru.

Untuk itu peran penanaman pendidikan agama sangat di butuhkan, agar dapat mengembalikan akar budaya budi pekerti bangsa Indonesia yang di amanatkan oleh UUD 45, ya kita harus sadar bahwa para pejuang mengiginkan kita semua meneruskan perjuangan mereka untuk menjadi bangsa yang tidak di jajah lagi, bangsa yang mandiri, bangsa yang besar. namun dengan fenomena yang ada pada saat sekarang ini kita merasakan hal yang pesimis terhadap cita-cita para pejuang kita, alangkah durhaka nya kita ketika kita mengkhianati amanat yang telah diperjuangkan oleh para pejuang kita.

Untuk membentuk suatu bangsa yang hebat tentu diperlukan sumber daya manusia yang kuat pula, lalu sudah seberapa kuat kah kita untuk membawa bangsa ini menjadi besar dan hebat, kita semua sudah hebat dan kuat untuk bersaing dengan negara luar, sudah banyak yang membuktikan dari segi keilmuan apapun kita bisa bersaing denga amerika, cina, jepang, arab, lalu kenapa bangsa kita tetap seperti ini dan malah nyaris 'oleng' dan tidak terperdaya dengan keadaan saat ini, korupsi merajalela, narkoba dimana mana, asusila tidak mengenal usia, semua hal-hal negatif selalu tersaji dan menjadi topik hangat di media.

Tidak bosankah kita melihat berita yang menyayat nyayat hati, tidak muak kah kita dengan keadaan ini, lalu siapa yang harus disalahkan dengan keadaan ini, ya yang patut disalahkan tentunya kita semua, karena kita tidak bisa mewarisi amanat para pejuang kita, dengan apa dan siapa yang akan merubah keadaan bangsa ini, ya tentu kita semua warga negara Indonesia.

Disinilah peran pendidikan agama untuk anak-anak mulai sedini mungkin perlu di terapkan hal ini dimaksudkan agar membentuk karakter dan mental anak yang lebih baik dan lebih bertanggung jawab dengan apa yang terjadi sebelum nya, dengan pendidikan anak di usia dini, nilai nilai religius pasti sangat dirasakan dan mulai membentuk kepribadian anak-anak bangsa. manusia modern saat ini seakan-akan mengabaikan dan memandang sebelah mata pendidikan agama, padahal pendidikan agama yang baik dan benar lah yang akan membentuk karakter anak-anak sejak usia dini secara otomatis juga pasti akan membentuk moral dan mental bangsa ini ke arah yang lebih baik. kita semua berharap perubahan yang nyata terjadi pada bangsa ini.