Wabup: Tanja Barat Menuju Era Digital

Iklan Semua Halaman

.

Wabup: Tanja Barat Menuju Era Digital

Sku Metropolitan
Selasa, 21 Juni 2016
Tanjab Barat, Metro Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyatakan kesiapannya untuk membantu realisasi proyek pembangunan Palapa Ring. Bentuk dukungan itu berupa sosialisasi serta pengamanan jaringan yang melalui daerah perairan Tanjung Jabung Barat, hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanjab Barat, Drs. H. Amir Sakib usai menghadiri Sosialisasi Proyek Palapa Ring Barat oleh Menkominfo, Rudiantara di Aula Kantor Walikota Batam, Rabu (15/6).
 
Proyek Palapa Ring merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional yang menghubungkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Proyek ini akan membangun infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional di daerah-daerah non-commercial demi pemerataan akses pitalebar (broadband) di Indonesia.

Menurut wabup, Kuala Tungkal termasuk 1 dari 57 kabupaten dan kota yang mendapat fasilitas Palapa Ring tersebut. "Dari pemaparan Pak Mentri tadi disampaikan bahwa Kuala Tungkal termasuk dalam salah satu titik proyek ini. Nantinya akan dilakukan penanaman kabel fiber optik dilaut dan di darat mulai dari jalur laut Kuala Tungkal terus ke Lingga dan Tanjung Bembam Batam," ujar wabup menjelaskan.
"Kami menyambut baik program ini, nantinya kita akan membantu memfasilitasi kebutuhan untuk melancarkan urusan perizinannya di Tanjab Barat. Jika program strategis nasional ini berhasil, akan memecahkan masalah keterbatasan akses jaringan data di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sehingga bisa menunjang usaha pemerintah daerah menjalankan e-goverment, serta konektivitas jaringan hingga ke tingkat desa," tambah wabup

Sebelumnya saat sosialisasi Menkominfo, Rudiantara menyatakan bahwa akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi akan dapat lebih menjangkau dan meningkatkan akses informasi bagi masyarakat Indonesia secara lebih luas.

"Dengan terlaksananya Proyek Palapa Ring menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menjalin kerjasama dengan badan usaha (investor) dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia . Berbagai pihak telah ikut mendukung proyek Palapa Ring hingga saat ini, seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Keuangan dan PT PII, sehingga proses penyiapan Proyek ini dapat berlangsung relative cepat yaitu secara efektif kurang dari 1 tahun. Proyek ini telah memperoleh dukungan fasilitasi pendampingan proses transaksi (PDF) dan  Izin Prinsip availability payment dari Menteri Keuangan," terang menkominfo.


Turut hadir dalam sosialisasi ini Pimpinan Palapa Ring Barat, Gubernur Riau dan Kepri, Anggota Komisi I DPR RI, Walikota/Bupati bersama Kepala Dinas Kominfo yang dilalui proyek Palapa Ring Barat (Johari)