DPRD KABUPATEN SEMARANG KUNJUNGI Karawang DALAM UPAYA PENINGKATAN PAD.

Iklan Semua Halaman

.

DPRD KABUPATEN SEMARANG KUNJUNGI Karawang DALAM UPAYA PENINGKATAN PAD.

Sku Metropolitan
Rabu, 20 Juli 2016
Karawang, MetroBupati Karawang dr. Cellica Nurachadiana menerima rombongan dari DPRD Kabupaten Semarang di ruang rapat Wakil Bupati pada hari Rabu (22/6). Adapun agenda dalam kunjungan kerja tersebut adalah study banding mengenai upaya  pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD.

Pada kesempatan tersebut hadir Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Samsuri, Kepala Dinas DPPKAD Abdilah Mawardi Nur., Msi, perwakilan dari Bappeda, dan dari rombongan DPRD Kabupaten Semarang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Semarang Suradi, M.H dan Asda III Kabupaten Semarang Budi Kristiono, S.H.
Pada kunjungan kerja tersebut rombongan dari DPRD Kabupaten Semarang didampingi oleh Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana  mendengarkan paparan yang disampaikan oleh kepala dinas DPPKAD Abdilah Mawardi Nur, M.Si mengenai kinerja pemerintahan Kabupaten Karawang dalam mengelola PAD dan pengelolaan pajak daerah.

Ada beberapa point yang disampaikan oleh Mawarli pada kesempatan tersebut diantanya ialah mengenai peluang dan strategi pemerintah kabupaten karawang dalam mengelola pajak daerah serta apa sajakah kendala yang dialami DPPKAD Karawang dalam melaksanakan programnya.
Adapun peluang yang disampaikan dalam kesempatan tersebut adalah berkembangnya pertumbuhan perekonomian di kabupaten karawang seperti industri, pariwisata dan jasa, potensi perluasan basis pajak, serta desentralisasi kewenangan.

Adapun strategi yang dimiliki pihak DPPKAD Karawang dalam meningkatkan PAD ialah dengan melakukan kerjasama lintas OPD dalam lingkup internal pemerintahan daerah serta pengoptimalan kerjasama antara pemerintahan daerah, masyarakat dan para pengusaha maupun komunitas seperti PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia). Adapaun kendala yang di hadapi ialah regulasi pusat yang terkadang berubah-ubah di pertengahan dan pengalihan kewenangan di pusat serta tingkat kesadaran dan kepatuhan wajib pajak yang belum tinggi.

Cellica Nurrachadiana dalam kesempatan tersebut menyampaikan salah satu upaya dalam meningkatkan pendapatan daerah ialah permudahan sarana investasi agar investasi dapat berkembang dengan baik.“Kemudahan sarana investasi merupakan salah satu syarat dalam meningkatkan PAD daerah, dan pemerintah daerah harus menjadi fasilisator agar investasi tersebut dapat berkembang.” Ujar Cellica.
(Kartawi/Ujang Karta)