Rumah Dinas Bupati Simalungun Berubah Fungsi Jadi SKPD

Iklan Semua Halaman

.

Rumah Dinas Bupati Simalungun Berubah Fungsi Jadi SKPD

Sku Metropolitan
Rabu, 20 Juli 2016
Simalungun (Metro) - Bukan sekedar gonta ganti pejabat, sejak dilantik sekitar April lalu Bupati Simalungun juga merubah letak ruangan kantor pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang sebelumnya berada di bagian depan dipindah ke bagian belakang kantor.
 
Bahkan yang terkini pada Kamis (14/7) tampak pegawai yang ada di Dinas Pendidikan Simalungun sedang berkemas mengangkut barang-barang menuju Rumah Dinas Bupati Simalungun yang ternyata telah berubah fungsi menjadi Kantor Dinas Pendidikan.

Ketika beberapa pegawai ditanya perihal perpindahan tersebut, mereka tidak bersedia memberi komentar dan tampak sibuk membenahi ruangan masing-masing.

Menurut Ketua LSM PPLH (Pengamat Pembangunan Lingkuingan Hidup) Siantar-Simalungun Jamidin Hutagalung, bahwa merubah fungsi peruntukan suatu bangunan jelas telah mengkangkangi aspek hukum bangunan gedung berdasarkan UU No. 28 Tahun 2002 tentang bangunan gedung.
                 
Dijelaskannya bahwa perubahan fungsi suatu gedung telah diatur dalam PP No. 36 Tahun 2005 Pasal 7 ayat 4 yakni Perubahan fungsi dan klasifikasi bangunan gedung ditetapkan oleh pemerintah daerah dalam izin mendirikan bangunan gedung, kecuali bangunan gedung fungsi khusus ditetapkan oleh Pemerintah.
                 
Sementara Kabag Hukum Pemkab Simalungun Henri Tampubolon, SH ketika ditanya terkait status hukum perubahan fungsi rumdis Bupati Simalungun, tidak bersedia berkomentar dan hanya menyarankan agar hal tersebut dikonfirmasi ke Dinas Pendidikan.
                
 “Kalau masalah rumdis menjadi kantor Dinas Pendidikan, silahkan Tanya atau konfirmasi saja ke dinas bersangkutan,” jawabnya singkat. (Marnaek.S)