BINTEK TATA CARA PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN

Iklan Semua Halaman

.

BINTEK TATA CARA PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN

Sku Metropolitan
Sabtu, 17 September 2016

SUBANG METRO. - Bintek (Bina Teknik) tata cara penyembelihan hewan kurban di laksanakan  di desa Cisaat Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Hal tersebut  adalah untuk memberikan pemahaman terhadap para pelaku pemotongan hewan kurban yang ada di lingkup UPTD Peternakan Jalan cagak. 

dr.H. Elinawati dari Dinas Peternakan Kabupaten Subang mengatakan “dalam pelatihan pemotongan hewan kurban ini di lakukan di desa cisaat kecamatan ciater itu adalah termasuk wilayah kerja UPTD Peternakan jalan cagak.  Tata cara pelatihan pemotongan hewan kurban itu di lakukan pada setiap tahun, ada dua angkatan yakni di kecamatan sukasari dan di kecamatan ciater. Dalam satu angkatan ada 20 orang yang akan dilatih dari para DKM Masjid. Artinya mereka yang menjadi tanggung jawab pada Idul Adha sebagaimana para DKM untuk menjaga kebersihan dan mengkonsumsi daging  hewan kurban yang sehat.  

Pemotongannya sesuai syariat Islam sementara saat ini sedang gencar-gencarnya soal kesejahtraan hewan. Ketika dalam pemotongan hewan kurban, sebelum hewan di potong (sembelih) itu ada post mortem ante mortem.  Ante mortem artinya pemeriksaan  hewan kurban sebelum di potong, sementara post mortem itu adalah pemeriksaan setelah pemotongan hewan kurban. Biasanya para petugas dari dinas peternakan terjun kelapangan untuk memeriksa hewan kurban yang layak di jual dan dinyatakan hewan kurban yang sehat itu di kasih lebel berupa kalung dari dinas peternakan. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar memilih hewan kurban yang sudah di kasih lebel oleh Dinas peternakan bahwa hewan tersebut  sudah dinyatakan sehat ungkapnya.

Kepala KUA Kecamatan Ciater H.Rahmanda S.Ag. di sela-sela kesibukannya menjelaskan pihaknya sangat mengaspresiasi dan mendukung dalam kegiatan sosialisasi Dinas peternakan itu memberikan pemahaman tentang tata cara pemotongan hewan kurban dan penagulangan hewan sakit dan kegiatan tersebut di ikuti oleh para DKM perwakilan dari seluruh desa yang ada di lingkup Kecamatan Ciater. Hal ini diharapkan  agar penyembelihan (pemotongan) hewan kurban sesuai syariat Islam sehat dan cara pemotongannya santun jangan sampai stress terhadap hewan yang mau potong dan itu juga akan nada pengaruh terhadap daging hewan kurban dengan adanya kegiatan tersebut  kegiatan tersebut itu merupakan pengalaman atau ilmu terhadap para DKM yang melaksanakan tugasnya di tegah-tengah  masyarakat pungkasnya. (ABH/mul)