Warga Sambut Baik Pelayanan Keliling PBB

Iklan Semua Halaman

.

Warga Sambut Baik Pelayanan Keliling PBB

Sku Metropolitan
Minggu, 04 September 2016

BEKASI, METRO - Dalam rangka pendekatan dan peningkatan pelayanan kepada wajib pajak, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Bekasi melalui Unit Pelayanan Teknik Dinas (UPTD) Tambun Selatan melakukan penagihan pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan cara jemput bola ke desa- desa.

Kepala tata usaha, UPTD Tambun, Rudy ketika ditemui di desa Mangunjaya Sabtu (26/8) menjelaskan, kegiatan penagihan Pajak Bumi dan Bangunan di desa merupakan agenda rutin.  Setiap hari Sabtu kami melakukan kegiatan penagihan PBB di desa, beberapa Kecamatan yang menjadi wilayah UPTD Tambun adalah, Kecamatan Tambun selatan, Sukawangi, Tambun Utara, Babelan, Tarumajaya Cibitung dan Muara Gembong.  

Beberapa Desa di wilayah kami telah kami kunjungi setiap hari Sabtu. Dengan adanya pelayanan di desa- desa, diharapkan peningkatan kepatuhan waajib pajak untuk membayar PPB lebih tercapai. Petugas yang melayani wajib pajak di Desa mangunjaya ada sepuluh orang, jelasnya.

Tejo, warga Perumahan Bumi Lestari saat ditemui di Kantor desa Mangunjaya mengatakan, kami sangat senag kehadiran petugas Dinas Pendapat datang ke Desa untuk penagihan PPB, tetapi pajak bumi dan bangunan kami tidak dapat diperbaiki di Desa, tetap harus ke Pemda. 

Menurutnya, beberapa rumah di blok H3, mengalami masalah luas, dalam sertipikat, tercatan luas tanah 72 meter, sementara di SPPT tercatan 110 meter. Kami telah berulang kali mengajukan perbaikan ke Kantor pajak di Cibitung, tetapi hanya sati kali benar, sedangkan tahun kedua kembali lagi kesalahan. Dengan kesalah luas tersebut, kami enggan membayarnya hingga ada perbaikan, katanya.  

Selain kesalah luas, beberap wajib pajak mengalami kendala, karena nama yang tercantum di SPPT masih ada nama perusahaan pengembang, da nada juga sudah balik nama tetapi masih kembaalike nama pemilik lama, kata Budi. 

Sementara itu, Sekretaris Desa mangunjaya, Nur Cahyadi menjelaskan, kehadiran petugas di Desa Mangunjaya disambut baik warga yang belum membayar PBB. Antusias warga mendatangi petugas di ruang yang telah disediakan Pemerintah Desa sangat tinggi, walaupun hari libur, kami kami sabagai aparat Desa membantu petugas Dinas Pendapatan dari Kabupaten untuk memberikan pelayanan terhadap warga. Kegiatan tersebut dimulai sejak pukul 08.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib, katanya. (Eli SPT)