KPUDDKI dan BekasiTetapkan Peserta Pilkada

Iklan Semua Halaman

.

KPUDDKI dan BekasiTetapkan Peserta Pilkada

Sku Metropolitan
Senin, 24 Oktober 2016
JAKARTA, METRO - Hari ini, Senin (24/10/2016) KomisiPemilihanUmum (KPU) DKI Jakarta akan menetapkan pasangan calon (paslon) yang berhakmengikutiPilkada DKI Jakarta 2017. Seremoni penetapand ilakukan di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, pukul 16.00 WIB.                                                                                                                                                                    Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarnomengatakan, penetapan dilakukan berdasarkan verifikasi persyaratan yang diserahkan masing-masingpaslon. Ada dua berkas persyaratan yang diverfikasi, yakni persyaratan pencalonan dan persyaratan calon.
“Dari hasilverifikasi, semua berkas persyaratan dinyatakan lengkap,” ujar Sumarno di Jakarta, pekanlalu.
Hanyasaja, diatidak menyatakan, apakahberkas-berkas tersebut juga memenuhi persyaratan untuk menjadi cagub-cawagub. Jika memenuhi persyaratan maka paslon bersangkutan dinyatakan bias atau berhak mengikuti pilkada. KPU DKI Jakarta akan mengeluarkan suratkeputusan untuk keperluanke ikut sertaan tersebut.
Setelah ditetapkan sebagai peserta pilkada, masing-masing paslon akan mendapat pengawalan ketat dari kepolisian. Aktivitas mereka akan dikawal oleh aparat kepolisian Polda Metro Jaya.
Sumarno menambahkan, pengawalan oleha parat Polda Metro Jaya dilakukan mulai dari kediaman, selama di jalan, saat kegiatan, dan prosedur tetap yang dijalankan. Setiap pasangan calon akan dikawals ekitar 20 hingga 30 personel polisi.
Seperti diketahui, terdapat tigapaslon yang mendaftar sebagai peserta Pilkada DKI Jakarta 2017. Yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)- Djarot Syaiful Hidayat yang diusungoleh PDIP, Golkar, HanuradanNasDem. Selanjuutnya Agus Yudhoyono – Sylviana Murni yang diusung oleh Partai Demokrat, PPP, PAN, PKB. Paslon berikutnya adalah Anies Baswedan - Sandiaga Uno yang diusung oleh Gerindra dan PKS.(TSC)
Sementaraitu, Komisi PemilihanUmum (KPU) Kabupaten Bekasi, juga mengelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Senin (24/10).
Ketua KPU KabupatenBekasi, Idham Kholik langsung membuka rapatp leno penetapan pasangan calon. Dalam rangkaian tersebut ketua serta jajaran KPU membacakan data paslon yang sudahdiverifikasi.
“semua data yang sudahdiverifikasidan di sampaikan dalamra patpleno, ke lima pasangan calondinyatakan lolos sebgai perserta pemilahan BupatidanWakil Bupati,” katanya. (dpt)