Pemerintah Kabupaten Trenggalek Berkomitmen Memajukan Sektor UMKM

Iklan Semua Halaman

.

Pemerintah Kabupaten Trenggalek Berkomitmen Memajukan Sektor UMKM

Sku Metropolitan
Senin, 10 Oktober 2016
Trenggalek, Metro - Bupati Trenggalek Emil Dardak menyerukan pada jajaran di bawahnya untuk mendata sekaligus mendorong para pelaku UMKM yang menjadi peserta dalam Trenggalek Citrakara Festival yang di gelar selama dua hari (24-25 September 2016) di depan Pendopo Manggala Praja Kabupaten Trenggalek. Pernyataan ini di sampaikan Bupati saat memberikan sambutan dalam penutupan festival yang di gelar oleh KPT (Komunitas Pemuda Trenggalek) dan BI ( Bank Indonesia) Cabang Kediri pada Minggu malam (25/9).

"Saya minta agar seluruh peserta UMKM yang mengikuti kegiatan ekonomi kreatif kali ini di data. Mari kita dorong mereka," kata Emil dalam sambutannya. Lebih lanjut kata Emil, “jika saya amati di sini, seluruh pelaku UMKM yang saat ini menjadi peserta pameran merupakan bentuk ekonomi kreatif. Dengan ekonomi kreatif kita berharap agar produk yang di hasilkan mampu di jual ke luar Trenggalek," imbuhnya.

Taruna Citrakara Festival merupakan ajang bagi para sineas khususnya di Kabupaten Trenggalek untuk menciptakan karya-karya perfilman kreatif. Untuk itu, menurut Bupati, perlu didukung untuk lebih maju karena melalui karya film yang akan ditonton hingga luar Trenggalek merupakan salah cara untuk lebih memperkenalkan Kabupaten Trenggalek. Selain itu Bupati juga menyampaikan tentang Gedung Kartika yang berlokasi di Jalan Basuki Rachmat, Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek yang merupakan bekas gedung film, akan kembali difungsikan menjadi tempat pemutaran film independen. “Saat ini gedung tersebut dalam tahap renovasi, nantinya di harapkan bisa sebagai tempat pemutaran film independent dan berbagai kegiatan workshop,” ungkap Emil.

Sementara menurut Anjar Laksono, Ketua KPT saat di konfirmasi di sela-sela menjelang penutupan event ini mengatakan, "kegiatan ini hasil kerjasama antara KPT dan BI cabang Kediri. Jumlah total pelaku UMKM yang ikut dalam pameran kali ini sejumlah 30 pelaku UMKM. 15 pelaku UMKM binaan daerah, 5 UMKM binaan KPT dan 10 UMKM binaan BI kediri," jelasnya. (Sunarto)