Cerita Mendagri Saat Sambangi Para Demonstran

Iklan Semua Halaman

.

Cerita Mendagri Saat Sambangi Para Demonstran

Sku Metropolitan
Sabtu, 05 November 2016
JAKARTA, METRO - Aksi unjuk rasa besar-besaran yang berlangsung di pusat Ibu Kota mulaidari Masjid Istiqlal, ‘long march’ menuju Balai Kota DKI Jakarta dan Istana Merdekaterpantaukondusif. Sekitarpukul 14.00 WIB, MenteriDalamNegeri (Mendagri) TjahjoKumolo pun akhirnyamenyambangimereka yang melintasi di JalanMerdeka Utara ketikahendakmenuju Istana Merdeka.

“Merekaramah-ramah,” kata Mendagri Tjahjo usai berdialog dengan para demonstran saat keluar mendatangi mereka di depan Gedung Kementerian DalamNegeri (Kemendagri) Jakarta, Jumat (4/11). “Mari damai.Jaga ketertiban,” tambahTjahjo.

MenteriTjahjomenyatakan, tak merasa gentar sama sekali saat berhadapan dengan para pengunjuk rasa. Dengan santainya ia keluar dari pagarbesi kantorKemendagri. Dengan hanya didampingi oleh sejumlah pengamanan dalam (Pamdal) dan pengawal pribadi (Walpri) dan beberapa stafnya, dia menyapa parad emonstran di sepanjang jalan Merdeka Utara.

Saat berjumpa dengan para massa aksi, Tjahjo mendapat sambutan meriah. Mereka justru mendekati pejabat nomorsatu di Kanto Kemendagri ini dengan senyums umringah. Sambil mengeluarkan ponselnya, mereka kemudian mengambili nisiatif untuk berfoto-foto. Bahkan tidaks edikit darimereka yang akhirnya ber-‘selfie’ ria bersama MenteriTjahjo.  “Tidak ada hujatan kepada pemerintah. Merekabaik-baik semua,” ujar dia.

Tjahjo mengatakan, awalnya dia ingin ikut jalan bersama para demonstran sampaike Istana Negara. Namun saat dilihatnya, jumlah massa sudah terlalu padat, akhirnya dia memutuskan untuk kembali kekantornya. “Tadi saya mau ikut jalan dan dengar kanoratornya bicara. Tapi sudah penuh, ya sudah.Tap imereka ekspresinya baik, tidak brutal,” tutur dia.

Menurut Mendagri, ada kemungkinan parademonstran ini menginap di jalan dan terus berunjuk rasa, apa bila tuntutan mereka belum menemukan kata sepakat. Makanya, ia sebagai menteri telah menginstruksikan kepada jajaran Kemendagri, khususnya eselon I, II dan III untuk menginap di kantor. Kemendagri bersiaga selama 24 jam selama proses demonstrasiini. (DPT)