Wabup Tanjabbarat Hadiri Upacara Peringatan HKN ke 51

Iklan Semua Halaman

.

Wabup Tanjabbarat Hadiri Upacara Peringatan HKN ke 51

Sku Metropolitan
Rabu, 23 November 2016

Tanjab Barat - Metro - Pemkab Tanjabbarat melalui Dinas Kesehat melaksanakan upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Tahun 2016. Sekaligus upacara pelepasan Peserta Raimuna Pramuka Tanjung Jabung Barat ke Sungai Gelam Jambi.

Upacara dihadiri Wakil Bupati H. Amir Sakib sekaligus menjadi inspektur upacara, di halaman Kantor Bupati, Jumat (18/11) diikuti peserta TNI-Polri, PNS dan Honorer dan ratusan insan kesehatan di lingkup Pemkab Tanjabbarat.  Berikut juga jajaran FKDP, diantaranya Ketua PA, Kasdim 0419/Tanjab Mayor Inf Firdaus, Wakapolres Ilyan Chandra.

Wakil Bupati Amir Sakib menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F Moeloek, Sp.M (K), menyebutkan Indonesia saat ini mengalami transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain.

Untuk itu, tema peringatan HKN ke-52 Tahun 2016 adalah INDONESIA CINTA SEHAT dengan Sub Tema MASYARAKAT HIDUP SEHAT, INDONESIA KUAT. Tema ini harus dimaknai secara luas, seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
Pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungan untuk hidup sehat karena sehat adalah milik kita, tidak pandang usia, sehingga pada tahapan siklus hidupnya sejak usia dini hingga usia lanjut harus cinta sehat," ujar Menkes.
Melalui peringatan HKN ke 52 tahun ini menjadi momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus kita berikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia . Merenungkan kembali upaya kesehatan yang bersifat promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif sebagai pertanggungjawaban dalam pembangunan.
Peringatan HKN ini juga diharapkan dapat terciptanya semangat nilai revolusi mental dengan bekerja penuh integritas, etos kerja yang tinggi dan semngat gotong royong untuk menghasilkan pembangunan kesehatan yang merata.
"Ayo hidup sehat, lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, agar sehat dan cerdas, seta cek kesehatan rutin untuk mengontrol tekanan darah, gula darah dan kolestrol yang ada di dalam tubuh kita," ajak Menken dalam sambutan itu.
Kemudian, Wakil Bupati berpesan kepada 80 peserta Pramuka yang mengikuti Perkemahan Raimuna di Sungai Gelam pada 21-27 November 2016 agar dapat memgikuti dengan baik dengan senantiasa menjaga kekompakan dan nama baik Kabupaten Tanjabbarat. "Selamat Beraimuna," ujar Wakil Bupati menutup sambutannya.
Usai upacara kemudian dilakukan penyerahan tropi kepada pemenang lomba desa Berprilaku Hidup Bersih dan Sehat, Desa Adi Purwa Kecamatan Merlung, Desa Bukit Indah Kecamatan Muara Papalik dan Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir, oleh Wakil Bupati H. Amir Sakib. (Johari)