Desa Puntang Adakan Musrembangdes

Iklan Semua Halaman

.

Desa Puntang Adakan Musrembangdes

Sku Metropolitan
Minggu, 18 Desember 2016

INDRAMAYU, METRO
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes), Pemerintahan Desa Puntang Kecamatan Losarang, Tahun Anggaran 2017, diselenggarakan di aula    kantor Desa, Jumat (9/12/2016).

Di awali sambutan dari Kuwu (Kepala Desa- red), H. Omo Kartomo, mengatakan ucapan terimakasih atas kehadiran undangan yang sudah menghadiri Musrembangdes.

Sudah  kita lalui   Musdus (Musyawarah dusun), Mudah-mudahan di  acara ini, usulan-usul bapak ibu  dipaparkan," kata kuwu  H. Omo Kartomo, Kepala Desa Puntang Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu.

Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Desa Puntang, Suwandi S.Kom, mengatakan, bahwa desa dituntut untuk bisa membangun. Pembangunan pun  harus mempunyai perencanaan untuk pembangunan dan pemberdayaan. Disini kita ber kumpulkan  semua dari RW 01 sampai RW 04," kata Suwandi.

Madih  Suwandi, menambahkan, karena di RKP Des dilaksanakan setahun sekali. Pemerintah pusat menyampaikan penggunaan dana desa harus dikelola dengan benar. Kalau ada dari Pemerintahan Desa Puntang diketahui melakukan  penyelewengan dana desa, laporkan saja ke KPK, jangan takut untuk melapor.

Musrembangdes dihadiri unsur Tripika di teruskan  Bhabinkamtibmas Polsek Losarang, Serka Firman Muntako.

Saya berterimakasih kepada Kepala Desa Puntang, karena sudah diadakan Musrembangdes. Andai ada bentuk penyelewengan dana desa silahkan laporkan saja. Untuk Musrembangdes silahkan usulan  di paparkan saja.  Silaturahmi ini harus tetap dijaga dan di tingkatkan," kata Serka Firman Muntako.
Musyawarah ini merupakan bentuk dari demokrasi. Silahkan untuk menyampaikan usulan usalan masing-masing RT/RW di lanjutkan  ke Sekretaris Desa Puntang, Ir Wahyono.

Ia menmbahkan, berdasarkan musdus, empat  hari berturut-turut, Alhamdulillah hasil musdus sudah 90 % masuk ke RPJM Des, ia memaparkan, Usulan dari RW 01, pavling, SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah), tempat sampah. Usulan RW 02, SPAL, pavling, tempat sampah. Usulan RW 03, Pengerasan jalan, SPAL, TPT (Tembok Penahan Tanah), tempat sampah, permodalan. Usulan RW 04, pavling, SPAL, jalan desa/pengerasan jalan, jembatan prosida, TPT, tempat sampah, permodalan.

Dikatakannya, prioritas pembangunan diantaranya, usulan pembangunan jalan desa (Cor beton di RW 04), SPAL (Di RW 01,02,03,04), pengadaan tempat sampah (RW 01,02,03,04), pavling ( RW 01,02,04,04), pembangunan jembatan prosida.

Untuk pengadaan tempat sampah, pemdes mengusulkan untuk dianggarkan swadaya dari masyarakat yang digunakan untuk biaya kontrak dengan, DKP dalam pengangkutan sampah. Silahkan usulan-usulan yang sudah dipaparkan diberikan tanggapan dari bapak-bapak dan ibu-ibu. Silahkan apabila ada yang dipertanyakan," kata Wahyono.

Karsidi menghimbau agar pemberdayaan perihal permodalan, agar difungsikan untuk mengutamakan produk lokal.

Acara Musrembangdes tersebut dipandu oleh Karsidi dimulai dari pukul 14:00 WIB sampai pukul 16:06 WIB. Turut hadir dari Bhabinkamtibmas Polsek Losarang dan Babinsa Koramil 1611/Losarang pungkasnya. (Kabir)