Dua Terduga Teroris Tewas

Iklan Semua Halaman

.

Dua Terduga Teroris Tewas

Sku Metropolitan
Minggu, 25 Desember 2016
Purwakarta, METRO. - Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya masih belum melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai empat terduga yang digerebek di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dia pun belum dapat memastikan keterkaitan empat terduga teroris tersebut dengan jaringan teroris Kota Bekasi yang terungkap beberapa waktu lalu.
 
"Ini yang sedang kita cari, terduga teroris ini merupakan jaringan dari mana. Apakah ini terkait yang di Kota Bekasi atau pribadi," ucap Yusri saat dihubungi, Minggu (25/12/2016).

Yusri menjelaskan, para terduga teroris telah dibuntuti gerak-geriknya oleh Tim Datasemen Khusus (Densus) 88 anti teror beberapa hari terakhir.‎‎ "Ya, menurut informasi tim Densus 88 sudah membuntuti mereka (para terduga teroris)," ungkap dia.

Hingga saat ini, pihak kepolisian masih melakukan olah TKP di lokasi penggerebekan terduga teroris tersebut.‎ "Seluruhnya (terduga teroris), telah dibawa ke Jakarta, olah TKP masih dilakukan di wilayah Waduk Jatiluhur," jelas dia.

‎Saat penggerebekan terhadap empat terduga teroris, dua di antaranya terpaksa ditembak mati tim Densus 88. Sebab, dua terduga teroris melakukan perlawanan setelah diperintahkan untuk menyerahkan diri di rumah apung Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Dua orang terduga teroris yang tewas bernama Abu Sovi alias Abu Azis alias Mas Brow, dan Abu Faiz.
"Lantaran mengancam keselamatan, maka Desus melepaskan tembakan balik," kata 
Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menggerebek persembunyian terduga di area kolam jaring terapung di Danau Juanda Jatiluhur, tepatnya di Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam penggerebekan pada Minggu siang itu, aparat menangkap empat orang terduga teroris. Dua diantaranya tewas di lokasi kejadian setelah terlibat baku tembak.

"Kelompok teroris ternyata bersembunyi di rumah apung, di sana kita tangkap dua orang dalam kondisi sehat. Namun, dua orang dengan sangat menyesal karena melawan keduanya meninggal dunia karena melawan," jelas Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan di lokasi kejadian, Minggu (25/12/2016).

Kedua terduga teroris yang tewas adalah Abu Sovi alias Abu Azis alias Mas Brow, warga Jalan Tipar, Kecamatan Kota Wariungin, Kabupaten Bandung dan Abu Faiz, warga Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Sedangkan dua terduga lainnya yang ditangkap dalam kondisi hidup yakni Rizal alias Abu Arham (29), warga Randu Kurung, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat dan Ivan Ragmat Syarif (28) warga Mulya Tani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Saat ini keempat terduga teroris telah dievakuasi ke darat. Kedua terduga teroris yang ditangkap dalam kondisi hidup langsung dibawa ke Mako Brimob di Kelapa Dua Depok. Sedangkan dua terduga teroris yang tewas dibawa ke RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur. (red)