Penggunaan Dana BOS Dipertanyakan

Iklan Semua Halaman

.

Penggunaan Dana BOS Dipertanyakan

Sku Metropolitan
Minggu, 18 Desember 2016
Bandung, Metro
Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 101 tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasional nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar 9 tahun.

Biaya nonpersonalia, menurut PP 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, merupakan biaya untuk bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan biaya tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, dll. Namun, ada beberapa jenis pembiayaan investasi dan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS.

Secara umum program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Selain itu, diharapkan program BOS juga dapat ikut berperan dalam mempercepat pencapaian standar pelayanan minimal di sekolah.

Tetapi Peraturan pemerintah tersebut diduga tidak ditaati oleh pengelola sekolah, SDN Cilengkrang Kota Bandung. Kepala sekolah SD Negeri Cilengkrang, Imas Halimah ketika dikonfirmasi melalui surat tertulis Biro Bandung, Nomor surat ,11/sku/ metropolitan /XI/2016, tanggal 14 November 2016 tentang pelaksanaan dan penggunaan Dana BOS Pusat triwulan I-II-III dan IV tahun 2015, Kepala Sekolah berjanji akan menjawab secara tertulis, Rabu tanggal  7 Desember. Tetapi hingga berita ini dibuat, jawaban itu tidak kunjung ada.

Ketika disambangi keruang kerjanya, Kepsek tidak memberikan keterangan yang jelas.
Penggunaan dana BOS Pusat Pelaporan Pertanggung Jawaban perbelanjaan serta penyerapan Dana BOS yang dikucurkan Oleh Pemerintah Pusat Tahun 2015, untuk SDN Cilengkrang 1 Triwulan 1-2-3 dan 4 untuk pengembangan antara lain, Perpustakan sebesar Rp.12. 276. 700, Kegiatan dalam penerimaan siswa baru sebesar Rp.2. 475. 000, Pemebelajaran dan ekstrakurikuler siswa sebesar Rp.13. 946. 000, Kegiatan ulangan dan ujian sebesar Rp.23. 292 .000, Pembelian bahan habis pakai sebesar Rp.62. 858. 296, Langganan daya dan jasa sebesar Rp.2. 514. 836, Perawatan sekolah sebesar Rp.32.124. 000,  Pembayaran honorium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer sebesar Rp.32. 400. 000, Pembiayaan pengelolaan BOS sebesar Rp.4.189.168, Pembelian perangkat komputer sebesar Rp.10. 375. 000, Biaya lainnya jika seluruh komponen 1 s.d 12 telah terpenuhi pendanaannya dari BOS sebesar Rp.19.500. 000, total keseluruhan dana BOS yang di terima oleh SDN Cilengkrang 1 Kota Bandung tahun 2015 triwulan 1,2,3 dan 4 sebesar Rp.222.200.000 (dua ratus dua puluh dua juta dua ratus rupiah).
        
Sesuai Dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggung Jawaban Ke Uangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2015 Triwulan Ke I- II-III dan IV

BAB VIII : Tentang Pengawasan,Pemeriksaan dan Saksi
Pengawasan Melekat Yang di Lakukan Oleh Pimpinan Masing-Masing Instansi Kepada BawahaanNya Baik di Tingkat Pusat/Propinsi/Kabupaten/Kota Maupun Sekolah.Prioritas Utama Dalam Progran BOS Adalah Pengawasan Yang di Lakukan Oleh SKPD Pendidikan Kab/Kota Kepada Sekolah.

PengawasanFungsional Internal Oleh Inspektorat Jenderal Kemdikbud Serta Inspektorat Daerah Propinsi dan Kab/Kota Dengan Melakukan Audit Sesuai Dengan Kebutuhab Lembaga Tersebut Atau Permintaan Instansi Yang Akan di Audit.

Pengawasan Oleh Badan  Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Dengan Melakukan Audit Atas Permintaan Instansi Yang Akan di audit.

Pemeriksa Oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sesuai Dengan Kewenangan.
Pengawasan Oleh Masyarakat Dalam Rangka Transparansi Pelaksanaan Program BOS Oleh Unsure Masyarakat dan Unit-Unit Pengaduan Masyarakat Yang Terdapat di Sekolah,Kab/Kota-Propinsi dan Pusat.Apabila Terdapat Indikasi Penyimpangan Dalam Pengelolaan BOS,Agar Segera di Laporkan Kepada Instansi Pengawasan Fungsional Atau Lembaga Berwenang LainNya.
       
Beberapa kalangan media angkat bicara,tentang SDN Cilengkrang Kota Bandung agar Dana BOS Pusat SDN Cilengkrang Kota Bandung tahun 2015 harus di usut tuntas dan pemberitaannya jangan cukup sekali saja,sebab sudah jelas aturan juknisnya, bahwa pengawasan masyarakat turut serta mengawasi dalam rangka transparansi pelaksanaan Program BOS serta undang-undang KIP tentang keterbukaan infomasi publik ungkap salah satu warga Bandung.  (JON)