Saluran Irigasi Tidak Terawat, Petani Mengeluh

Iklan Semua Halaman

.

Saluran Irigasi Tidak Terawat, Petani Mengeluh

Sku Metropolitan
Minggu, 18 Desember 2016

INDRAMAYU, METRO.
Kurangnya perhatian Pemerintah Daerah memperbaiki saluran air di Desa Jumbleng tepatnya di Blok Karang Bong Lor, membuat petani kesulitan mendapatka air. Padahal Irigasi merupakan penyedia dan pengaturan air untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi rawa.

Menurut warga, beberapa tahun terakhir ini saluran tersebut tidak pernah mendapat perawatan dari pihak Pemda Indramayu dan desa Jumbleng. Jaringan Irigasi tersebut sangat dibutuhkan masyarakat yang mayoritas petani untuk mengatur penyaluran air ke persawahan, jelasnya.

Warga menambahkan, kami sebagai masyarakat sangat mengaraapkan perawatan saluran irigasi dari Desa dan Pemda Kabupaten Indramayu. Kalau hal itu dibiarkan, akan menimbulkan hasil pertanian menjadi menurun, tambahnya.

Pengamatan Metro, saluran Irigasi benar- benar tidak terawat, beberapa bagian tanggul jebol. Dengan tidak adanya perawatan dari pihak Pemda dan desa, mengakibatkan terjadinya pendangkalan dan penyempitan akibat banyaknya sampah.  (Kabir)