TERENDAM BANJIR, RATUSAN HEKTAR SAWAH DI PANIMBANG TERANCAM PUSO

Iklan Semua Halaman

.

TERENDAM BANJIR, RATUSAN HEKTAR SAWAH DI PANIMBANG TERANCAM PUSO

Sku Metropolitan
Minggu, 18 Desember 2016
Pandeglang, Metro
Akibat dilanda banjir, ratusan hektar sawah di beberapa desa di Kecamatan Panimbang terancam gagal tanam.

Dari 6 desa yang tergenang banjir, Desa Mekarjaya mengalami banjir yang cukup parah. Sejumlah warga khawatir padi yang baru beberapa pekan terakhir ditanam mengalami puso, akibat tanaman membusuk dan mengakibatkan gagal tumbuh.

“Karena berulang kali banjir, sampai ada beberapa warga yang kembali menyemai padi dan menanam ulang akibat banjir, dan saat ini para petani mulai khawatir jika padi mereka terendam air banjir sampai beberapa hari kedepan. Tidak menutup kemungkinan terjadi puso,” ungkap Sunarya, Kepala Desa Mekarjaya saat ditemui di lokasi banjir

Hal senada juga diungkapkan Rohman (42), warga Kampung Benteng, Desa Mekarjaya. Ia mengaku sudah beberapa kali menenam ulang padi di area pesawahannya akibat banjir. Namun hingga banjir datang kembali ia khawatir mengalami hal yang sama.

“Beberapa hari di rendam banjir dan padi menjadi lunglai dan busuk pas batang dan daun nya. Tiga kali kita tanam ulang dan sekarang banjir lagi. Kalau curah hujan terus ningkat dan banjir ngga kunjung surut bisa terjadi puso (red-tidak menghasilkan) di sawah kami, tanaman padinya mati semua,” ujarnya.


Seperti diketahui sebelumnya, ratusan hektar sawah di Desa Mekarjaya terendam air hingga menutupi seluruh bagian padi, dan tampak seperti sungai. Jika situasi ini berlangsung hingga beberapa hari kedepan, warga khawatir padi yang ditanam para petani rusak dan gagal tanam. (Lb/Deden/Drm)