3 Unit Puskesmas Segera Beroperasi di Tulang Bawang Barat

Iklan Semua Halaman

.

3 Unit Puskesmas Segera Beroperasi di Tulang Bawang Barat

Sku Metropolitan
Selasa, 31 Januari 2017
TUBABA, METRO
Guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan segera mengoperasikan tiga Unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) rawat inap yang baru saja rampung dikerjakan.

Dilakukannya hal tersebut, dinilai banyaknya kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan, tiga unit Puskesmas yang baru saja rampung di kerjakan antara lain, Puskesmas Marga Kencana Kecamatan Tulangbawang Udik, Puskesmas Gilang Tunggal Makarta Kecamatan Lambu Kibang dan Puskesmas Idraloka II Kecamatan Way Kenanga.

Menurut, Majril, Sekertaris Dinas Kesehatan Tubaba menuturkan, ketiga unit bangunan Puskesmas yang baru saja rampung dalam pengerjaannya sudah menyiapkan sarana prasarana pendukung diantaranya, alat kesehatan dan sumber daya manusia.

“Tiga (3) unit bangunan puskesmas yang akan segera kita operasikan pada 5 Februari mendatang, baru saja rampung dikerjaan dengan biaya anggaran sebesar Rp. 4,8 Milyar, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinkes Tubaba melalui APBD 2016 lalu. Dan tiga unit puskesmas ini berstatus puskesmas rawat jalan”katanya di ruang kerjanya,(25/1).

Lebih lanjut, Majril menjelaskan, dengan dioperasikan ketiga unit puskesmas tersebut, maka jumlah keseluruhan Puskesmas yang ada di Tubaba akan bertambah menjadi 16 Unit Puskesmas.

“Dengan bertambah puskesmas ini terdiri dari status rawat jalan, dan rawat inap, untuk kendaraan operasional ambulance nya sendiri, kami juga telah mempersiapkan pengadaan dalam APBD 2017 ini. Kemungkinan akan di distribusikan di akhir tahun ini, untuk sementara sebelum disediakan fasilitas mobil ambulance, tiga puskesmas itu bisa menggunakan mobil operasional pada pelayanan kesehatan terdekat jika dalam keadaan darurat,”kata nya. (Her/jns)