Aparat Desa, LPM Dan Karangtaruna Pertanyakan ADD/DD

Iklan Semua Halaman

.

Aparat Desa, LPM Dan Karangtaruna Pertanyakan ADD/DD

Sku Metropolitan
Rabu, 18 Januari 2017

Lampura, Metro - Penyaluran Dana Desa (DD) dan Anggran Dana Desa tahun anggaran 2016 di Desa Bojong Barat Kecamatan Kotabumi Kota, Kabupaten Lampung Utara (lampura), jadi bahan pergunjingan. Diduga penyaluran dana tersebut tidak transparan, hal itu dikatakan Ketua LPM Edwardo dan Ketua Karangtarunan Haris Kusuma baru-baru ini.

Edwardo menuturkan, Camat Kota Bumi, Najum Marsyah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Bojong Barat, diduga tidak trasaran dalam menyalurkan ADD dan DD. Honor Ketua LPM empat puluh persen (40%) sebesar Rp 1.200.000, tidak pernah kami diterima. Selain LPM, Karangtaruna, aparat Desa seperti Kepala urusan (Kaur) dan Linmas, juga belum menerima hornornya, tuturnya.

Ditempat terpisah, Ketua Karangtaruna, Haris Kusuma menjelaskan, Dana Desa dan Anggaran Danan Desa seharusnya ada untuk operasional Karang taruna sebesar Rp 1.000.000 dari 2.500.000. kami tidak mengetahui cara penyaluran ADD/DD yang dilakukaan Camat sebagai Plt Kepala Desa Bojong Barat. Kami mengarapkan aparata penegaak hokum turun langsung ke Desa Bojong Barat untuk mempertanyakaan penyaluran ADD/DD, katanya kesal.

Ditempat terpisah Firdaus, mengatakan, enam anggota BPD tidak pernah mendapatkan dana operasional, kami tidak mengetahui kemana dana tersebut mengalir. Dana operasional untuk BPD sebesar Rp 4.000.000, diduga dana tersebut digunakan oleh Plt Kepala Desa. Kami mengharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara mendegar keluhan aparat Desa, Karangtaruna dan BPD serta Linmas, katanya. 

Swandi, anggota Limnas menuturkan, lima belas anggota Linmas belum menerima dana operasional. Dan operasional untuk Linmas sebesar Rp 2.500.000,. Camat sebagai kepanjangan tangan Pemda Kabupaten seharusnya lebih arif menyalurkan dana yang dikucurkan Pemerintah ke Desa. Tetapi lain dengan Camat Kotabumi yang dipercaya sebagai Plt Kedes, tidak mampu menyalurkan dan tersebut sebagimana yang diharapkan. Beberapa aparat Desa, Karangtarunan BPD dan Linmas mempertanyaakan cara kerja Plt Kades, katanya.  (RAMA FY)