Puskesmas Sukakarya Diresmikan

Iklan Semua Halaman

.

Puskesmas Sukakarya Diresmikan

Sku Metropolitan
Selasa, 31 Januari 2017
GARUT, METRO
Samarang. Masyarakat Desa Sukakarya Kecamatan Samarang, kini akan tenang serta nyaman kala memeriksakan kesehatannya. Karena pada Kamis siang (26/1/2017), Bupati Garut, H. Rudy Gunawan telah meresmikan dimulainya penggunaan gedung, bersamaan dengan diresmikannya Puskesmas Pasundan di Kecamatan Garut Kota.

Bupati menekankan kepada pengelola puskesmas agar melayani masyarakat dengan sepenuh hati, sehingga tidak ada lagi penelantaran kepada mereka yang akan berobat. “Jangan sampai membiarkan mereka yang mau berobat di acuhkan dan selalu tanamka 5S : Seyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun, karena kita adalah selaku manusia yang beriman,” tuturnya.

Bupati Rudy juga menekankan berhubung di Kecamatan Samarang telah memiliki penduduk sekitar 38 ribu maka dibutuhkan unit pelayanan rawat inap, sehingga masyarakat saat kondisi genting bisa ditangani terlebih dahulu oleh Puskemas. “InsyaAllah sekarang di Garut yang tadinya tidak ada tempat perawatan sekarang menjadi ada. Dan Karena disini penduduknya telah lebih dari 38 ribu maka berdasarkan standar WHO maka ditempat ini minimal ada lima Bed untuk menampung kejadian Emergency. Misalpun disini (Puskemas Sukakarya.red) tidak dengan tempat perawatan pun atau DTP-pun Karena ini berhubungan dengan nyawa dan kemanusiaan kita coba terapkan disini.â€, ujarnya.

Di bagian lain bupati telah memprogramkan pembangunan kantor kecamatan serta pasar yang dengan anggaran sebesar 30 miliar rupiah. “Tahun ini kecamatan Samarang akan mendapat program Amazing Garut nilainya 30 Miliar selain dari program lain yang sekarang program Samarang dalam APBD berjumlah 61 Miliar. Dalam bantuan 30 Miliar ini Samarang akan punya pasar yang sangat bagus. Pasar Wanaraja juga sudah bagus sekarang. Nanti disini akan dibangun 3 tingkat, ada basement lantai 1, pokoknya bakalan seperti Mall. Dan ini semua akan diberikan pada pedagang secara gratis, Karena akan dibayar oleh APBD. Dan kantor kecamatan sekitar bulan Maret atau April akan dibangun di daerah Bongkor, Desa Samarang.†pungkasnya.

Aep (52 th) salah satu warga yang menyaksikan acara peresmian tersebut sangat mengapresiasi ide yang diutarakan oleh Bupati serta puas dengan adanya gedung baru tersebut. “Saya sangat gembira dengan kemajuan yang telah disampai. Dulu kalau sakit dan mesti dirawat biasanyanya dirujuk ke Rumah Sakit atau Klinik. Tetapi Sekarang mungkin bisa disini. Saya sangat gembira dan berterimakasih dengan kemajuan pembangunan pelayanan ke Masyarakat,” ujar Aep yang berprofesi sebagai petani.

Puskesmas Sukakarya, seperti dituturkan, Kepala UPT Een Sumiati, Amd.Kep.Skm. telah memiliki dengan 70 posyandu dan 345 kader. sedang untuk ruang lingkup wilayah kerja mencakup 7 desa diantaranya Sukakarya, Sukarasa, Tanjungkarya, Tanjunganom dan Sukalaksana. Dan untuk unit pelayanannya diantaranya Unit Pelayanan Ibu dan Anak, Pelayanan Imunisasi, PHBS, pelayanan Gizi , Kesling dan pencegahan penyakit menular.


. Turut hadir dalam peresmian Camat Samarang Drs. Eli Suhaeli, Kapolsek Samarang Kompol Noor Jamil, S.Pd.I, Danramil Samarang Katen Inf. Dedi Saepuloh, para tokoh masyarakat dan kader.(Syaiful Noor)