Somasi Diabaikan Kuasa Hukum Wartawan Akan Tempuh Jalur Hukum

Iklan Semua Halaman

.

Somasi Diabaikan Kuasa Hukum Wartawan Akan Tempuh Jalur Hukum

Sku Metropolitan
Rabu, 18 Januari 2017


Muratara, Metro - Surat Somasi yang disampaikan kuasa hukum wartawan ke Bagian Humas Muratara, Propinsi Sumatera Selatan, tak digubris, sampai kini pihak Humas tidak hadir memenuhi undangan tersebut. Hal itu, dikatakan Alias Abubakar SH, kuasa hukum wartawan, minggu lalu, kepada Metropolitan.

“Ketidak hadiran pihak Humas untuk memenuhi undangan yang kita sampaikan, sudah terlihat jelas bahwa mereka (Humas) tidak mau menyelesaikan persoalan tunggakan tagihan publikasi kepada media, secara musyawarah, padahal tujuan kita melayang surat somasi itu untuk mencari solusi terbaik”, Ungkapnya.

Dikatakannya, tidak adanya tanggapan Humas Muratara, membuat pihaknya menempuh upaya hukum lain untuk menuntut hak wartawan terpenuhi, seperti menggugat secara perdata dan melapor secara pidana."Saat ini, kita lagi menyiapkan materi gugatan, sekaligus mengumpulkan data dan bukti dugaan terjadi tindak pidana korupsi," jelasnya.

Mencuatnya persoalan ini, akibat ketidakpuasan para wartawan atas ulah Bagian Humas Muratara yang memangkas tagihan wartawan. Padahal, dana yang dianggarkan Bagian Humas  melalui APBD Perubahan 2016, mencapai Rp.2.104.937.000,-,meliputi, tagihan media Mingguan, Rp. 590.750.000,- dan  tagihan untuk media harian, Rp. 1.513.729.000,-.Sementara untuk menyelesaikan semua tunggakan Rp 1,7 miliar. 

“Pemotongan tagihan media yang dilakukan pihak Humas diduga telah melakukan diskriminasi dan itu tidak berlaku bagi semua media. Karena ada tagihan media mencapai ratusan juta, dibayar penuh. Dan tagihan yang kecil dipotong, bahkan ada sama sekali tidak dibayar”, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Aan Andrian, saat di konfirmasi wartawan, minggu lalu, melalui via Handphone dan SMS, tidak ada jawaban.(Toni)