BPBK; Januari 9,5 Ha Hutan dan Lahan terbakar diTanjabbarat

Iklan Semua Halaman

.

BPBK; Januari 9,5 Ha Hutan dan Lahan terbakar diTanjabbarat

Sku Metropolitan
Kamis, 16 Februari 2017

Tanjabbarat - Metro
Kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di beberapa titik di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kepala BPBK Kabupaten Tanjabbarat H. Erwin mengatakan selama Januari 2017 setidaknya 9,5 hektar lahan terbakar. Dijelaskannya Kebakaran tersebut terjadi di 4 titik rawan diantaranya pada Minggu (08/1) di Desa Muntialo 1,5 hektar. Senin (16/1) Di Desa Muntialo 2 hektar tepatnya jalan TMMD, Jumat (13/1) di Mandala Jaya HLG, Kecamatan Betara 4 hektar dan Desa Rawang Kempas, Kecamatan Batang Asam  4 hektar.

“Kebakaran tersebut karena kondisi udara dengan kategori trik pada pekan kemarin mencapai hingga 35 derajat, sebagian besar lahan yang terbakar adalah kawasan terbuka, kebun masyarakat tanah ulayat, dan lahan swasta yang dikuasai masyarakat,” jelas Erwin usai silaturrahmi TIM TRC dengan Bupati Tanjab Barat H. Safrial di Kantor Bupati, Selasa (17/1/17).

Erwin juga menjelaskan, semua yang terbakar telah dipadamkan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBK di back up oleh TNI dan Polri, Manggala Agni, Damkar, relawan dan karyawan perusahaan dan Masyarakat Peduli Api (MPA) bersama-sama melakukan pemadaman.

Untuk mencegah tidak terjadi kebakaran berikutnya, saat ini BPBK terus mengintensifkan pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Selanjutnya secara terus menerus melakukan partoli dan pentauan, demikian juga pencegahan dan pemadaman.

“Kita BPBK akan terus all out mengerahkan sumber daya untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Tanjung Jabung Barat, kesadaran masyarakat juga kita harapkan untuk sama-sama negcegah hal itu,” tandas Erwin.(Johari)