Bupati Buka Sosialisasi ADD Dan DD Tahun 2017

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Buka Sosialisasi ADD Dan DD Tahun 2017

Sku Metropolitan
Selasa, 28 Februari 2017
Tulungagung, Metro
Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE. M.Si, Rabu 08/02/2017 membuka Sosialisasi  Alokasi Dana Desa ( ADD ) dan Dana Desa ( DD ) tahun 2017 di Hall CrownWiktori Hotel Tulungagung.

Dalam acara yang digelar selama sehari dan diikuti ratusan peserta yang terdiri dari Kepala Desa dan Ketua BPD se Kabupaten Tulungagung ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan Sekertaris Daerah Kabupaten Tulungagung Ir. Indra Fauzi. MM.

Dalam laporanya Ketua panitia kegiatan Drs. Eko Asistono, M.Si diantaranya mengatakan bahwa maksud dan tujuan digelarnya acara ini adalah untuk menyamakan persepsi kepada kepada semua Stakeholder yang ada di desa tentang pengelolaan keuangan desa, mengingat anggaran ADD dan DD merupakan bagian dari sumber pendapatan keuangan desa yang harus masuk dalam APBD Desa dan pembiayaannya harus dipertanggung jawabkan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga implementasinya tidak menyimpang dari aturan yang ada.

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo.,S,E.M.Si dalam sambutanya diacara ini diantarannya mengatakan Prioritas Dana Desa Tahun 2017 berperdoman pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 22 Tahun 2016 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, terdapat kelonggaran dalam penggunaannya, diantaranya prioritas untuk pengembangan energi, sistem komunikasi dan informasi Desa, lumbung ekonomi desa dengan fokus “satu Desa satu produk”, penanganan bencana alam/kejadian luar biasa, serta dukungan permodalan dan pengelolaan usaha ekonomi produktif yag dikelola oleh BUMDesa / BUMDesa bersama.

Lebih lanjut bupati berharap agar kegiatan-kegiatan di desa dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan lembaga pemerintahan desa dan semua unsur masyarakat desa, sehingga dapat mencerminkan kualitas pengelolaan keuangan desa yang baik.

      Bupati juga berpesan kepada Kepala Desa dan BPD agar bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, mengedepankan musyawarah meningkatkan kordinasi, sehingga akan tercipta suasana yang kondusif, sehingga dapat menghantarkan kepada tatanan pemerintahan desa yang mandiri, kreatif, inovatif dan demokratis. Demi mendukung terwujudnya “Ayem Tentrem Mulya Lan Tinoto”di Kabupaten Tulungagung.


      Acara sosialisai diisi dengan materi Pembangunan Ekonomi Kawasan Perdesaan, Succes Story Penyelenggaraan Pemerintah Desa dan Sosialisai Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun 2017. Dengan Narasumber dari Direktorat Pembangunan Ekonomi Kawasan Perdesaan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabapuaten Tulungagung. ( SAR )