Bupati Tanjabbarat Minta libatkan Pemkab Terkait Izin Galian C

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Tanjabbarat Minta libatkan Pemkab Terkait Izin Galian C

Sku Metropolitan
Selasa, 21 Februari 2017
Tanjabbarat, Metro  - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS, menginginkan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi melibatkan Pemkab Tanjabbarat terkait proses izin penambangan atau galian C di wilayah itu.

Meski diakuinya, sesuai UU No 23 Tahun 2014, memang galian C sebelumnya menjadi tanggung jawab kabupaten/kota, sekarang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi.

“Minimal kita dilibatkan dalam proses dan mekanisme mengeluarkan izin. Minimal memberi tahu, stempel silahkan di Provinsi. artinya apa, kita juga mau tau, kita juga mau punya data sesuai dengan data yang dimiliki oleh Provinsi,” ungkap Bupati Safrial belum lama ini.

Menurut Safrial, peralihan kewenangan tersebut dirasa tidak serta merta seluruhnya Pemkab tidak tahu. Pasalnya galian C tersebut berada di Kabupaten. Karena bagaimanapun kecamatan atau desa yang kenal lokasi dan merasakan dampaknya jika ada tambang galian C. Selain itu, ada kecenderungan, tidak bisa melihat, mengetahui, berapa jumlah dan di mana lokasinya.

“Saya rasa pengalihan kewenangan tersebut tak serta merta kita tidak ambil tau atau tidak dilibatkan. Sebab aktivitas dari galian C nya kan di sini, kalau sampai kita tak punya datanya kan repot, bagaimana kita melakukan pengawasan,” tambahnya.

Untuk itu Safrial menegaskan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas ESDM Provinsi Jambi meminta agar bisa melibtkan Pemkab Tanjabbar.
“Kita akan coba koordinasikan dengan Provinsi, kita minta kalau bisa dan ada aturannya membolehkan, kita minta prosesnya di kita, dan stempel silahkan di Provinsi, agar kita sama-sama bisa saling mengawasi. Kita kan punya Kabag SDA. Kita berharap ini bisa maklumi oleh Provinsi,” tandasnya. (Johari)