Jadwal Festival Megou Pak Tulang Bawang XI

Iklan Semua Halaman

.

Jadwal Festival Megou Pak Tulang Bawang XI

Sku Metropolitan
Selasa, 28 Februari 2017
 TULANG BAWANG,METRO
Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang merencanakan akan menggelar Festival Megou Pak Tulang Bawang XI, dengan dua agenda kegiatan utama yaitu, Fashion Show Kain Sulam Maduaro dan Parade Pesona Kain Tapis Lampung bertajuk “Parade Seribu Tapis”, dalam Rangka Memeriahkan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Tulang Bawang Pada Tanggal 20 Maret 2017 Mendatang.


 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulang Bawang selaku leading sektor terkait, saat ini sedang melakukan berbagai persiapan untuk mensukseskan festival akbar tahunan dalam rangka memeriahkan hari jadi kabupaten, sekaligus melestarikan dan mempromosikan seni budaya daerah tersebut.  Adapun untuk jadwal pelaksanaan Festival Megou Pak Tulang Bawang XI, berikut rencana rangkaian acara dan kegiatannya: FASHION SHOW MADUARO, akan dilaksanakan Kamis, 16 Maret 2017, Pukul 12.30 – 14.00 WIB bertempat di Gedung Serba Guna Tulang Bawang, Menggala, yang juga akan dimeriahkan pertunjukan Tari Budaya Kreasi. 

PARADE PESONA KAIN TAPIS LAMPUNG, akan dilaksanakan Kamis, 16 Maret 2017, Pukul 14.00 – selesai, dengan rute pawai yaitu Start dari Rumah Dinas Bupati Tulang Bawang, dan Finish di halaman Kantor Pemkab Tulang Bawang Jl Cemara Gunung Sakti Menggala.  Pada Parade Pesona Kain Tapis Lampung, kegiatan ini akan diikuti ribuan peserta, sehingga kemudian dinamakan “PARADE SERIBU TAPIS”, yang juga ditargetkan dapat memecahkan rekor pada Mesuem Rekor Indonesia (MURI).  

Peserta parade direncanakan terdiri dari 1200 orang yang akan mengenakan kain Tapis, serta ditambah puluhan peserta akan berpakaian adat Lampung seperti Pakaian Pengantin, Pakaian Mirul, Pakaian Bebai Tohou, Pakaian Muli-Menganai, Pakaian Perwatin, dan Pakaian Maduaro. Kemudian ada pula peserta yang akan membawa Payung, Appeng, Kandang Rarang, dan Baju Fantasi, serta dimeriahkan oleh Drum Band dan Parade Topeng. Selain itu, di lokasi Finish juga akan digelar pertunjukan tari Bedayou, Tari Budaya Kolosal, hiburan dan doorprize menarik.  

Sedangkan dalam kegiatan Parade Seribu Tapis nanti, juga direncanakan akan mengundang kehadiran Gubernur Lampung, Menteri Kebudayaan RI, Forkopimda Propinsi, dan Kepala Daerah Se-Lampung.  “Kita sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Propinsi Lampung dan Kementerian Pariwisata untuk mendukung Festival Megou Pak. 

Untuk itu, kami pun mengharapkan agar dapat dibantu dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dan semua pihak, agar nantinya semua dapat ikut berpartisipasi memeriahkan dan mensukseskan Festival Megou Pak, termasuk dalam mendukung pencapaian Rekor MURI pada Parade Seribu Tapis,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tulang Bawang, Elvis, Rabu 22 Februari 2017, saat menjelaskan rangkaian kegiatan Festival Megou Pak Tulang Bawang XI.(Fendi/Sudir)