KPUD Tulang Bawang Gelar Rapat Pleno

Iklan Semua Halaman

.

KPUD Tulang Bawang Gelar Rapat Pleno

Sku Metropolitan
Selasa, 28 Februari 2017

TULANG BAWANG, METRO

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulang Bawang, menggelar rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati setempat tahun 2017, bertempat di Gedung Raden Ajeng (RA) Kartini, Kecamatan Menggala Tulang bawang, Rabu, (22/2).  

Dalam rapat pleno yang bernomor SK 02/Kpts/KPU-Kab-008.425575/2017 berisi tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulang bawang tahun 2017 ini dihadiri Wakapolda  Lampung Brigjend.Pol.Drs.Bonifasius Tampoi,Kapolres Tuba AKBP.Agus Wibowo,Perwakilan dari Pemkab Tuba Kepala Badan Kesbangpol Yen Dahren,Ketua DPRD Lampung Dedi Aprizal yg jg hadir selaku Saksi Paslon nomor urut 3,Ketua 

KPU Tulang bawang, Reka Punnata beserta Sekretaris dan Komisioner, para anggota PPK, PPS, Panwaslu, serta saksi-saksi dari Pasangan Calon (Paslon) dari nomor urut 3, Winarti – Hendriwansyah (Win-Hen).  Sementara itu saksi-saksi dari Paslon nomor urut 2, Hanan A Rozak – Heri Wardoyo (Handoyo), yang berasal dari para Koalisi Tuba Bersatu (Gabungan 8 Parpol pengusung) sebelum dimulai penghitungan suara sempat hadir namun melakukan walk out atau keluar dari ruangan rapat pleno. Sedangkan saksi-saksi dari Paslon nomor urut 1, Syarnubi – Solihah (Bisa) tidak terlihat hadir pada kegiatan yang dikawal ketat oleh ratusan anggota TNI-Polri tersebut.  

Adapun hasil akhir dari rapat pleno ini mengumumkan bahwa setelah dilakukan penghitungan suara dari 15 Kecamatan yang terbagi menjadi 147 Kampung dan 4 Kelurahan di Kabupaten Tulang bawang, Paslon nomor urut 1 mendapat suara sebanyak 7 % dengan perolehan pemilih 14.221, selanjutnya Paslon nomor urut 2, mendapat suara sebanyak 45 % dengan perolehan pemilih 89.114 dan Paslon nomor urut 3 mendapat suara sebanyak 48 % dengan perolehan pemilih 94.362. Jumlah total suara 197.697. Sementara untuk partisipasi pemilih mencapai 82 %.  

Artinya dalam hal ini Paslon nomor urut 3, Winarti – Hendriwansyah yang di usung Partai PDI-P dan PAN Mengungguli perolehan jumlah suara dan persentase dari pada kedua Paslon lain yang salah satunya merupakan Petahana dalam hajat demokrasi di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017.  

Ketua KPU Tulang bawang, Reka Punnata saat diwawancarai seusai kegiatan rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuba tahun 2017 mengatakan bahwa dalam proses pembukaan kotak suara saksi dari nomor urut 1 tidak hadir dan saksi nomor urut 2 awalnya hadir tapi memilih untuk Walk Out lalu dibuatkan berita acara tentang kejadian khusus tentang keberatan saksi.  

“Mengengai hal itu rapat pleno tetap dilanjutkan karena beda kamar dengan kami KPU Tulang bawang, persoalan dengan Panwas (Panitia Pengawas Pemilu), ya selesaikan dengan Panwas. Kemudian mengenai pada saat rekapitulasi Alhamdulilah clear, tidak ada perubahan satupun, semua saksi dan Panwas menyatakan sah tidak ada satupun perubahan yang dibacakan oleh PPK dan di B1 sesuai dan kita sudah tuangkan di B1 KWK, sudah kita keluarkan surat keputusan dan penetapan perolehan suaranya sudah kita berikan ke Panwas dan juga saksi dari Paslon nomor urut 3,” Terang Reka Punnata.  

Sementara, lanjut Reka Punnata, mengenai surat keputusan tentang penetapan Bupati dan Wakil Bupati Tulang bawang terpilih akan dilaksakan tanggal 8 Maret 2017 apabila tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).  “Sedangkan untuk partisipasi pemilih yang mencapai 82 % alhamdulilah karena target dari KPU RI sebesar 77 %, jadi sudah melampaui batas target yang diberikan,” ungkap Reka Punnata.  Masih ditempat yang sama, Komisioner KPU Tulang bawang, Bidang Divisi Hukum, Rudi Antoni mengungkapkan "Bahwa apabila ada gugatan dan upaya hukum dari para Paslon maka KPU Tulang bawang sudah siap menghadapi,"Ujarnya.(Fendi/Sudir/Paidi).