Ribuan Pencaker Serbu Disnaker

Iklan Semua Halaman

.

Ribuan Pencaker Serbu Disnaker

Sku Metropolitan
Kamis, 16 Februari 2017

Batam, Metro.
Pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja Kota Batam diserbu ribuan peminat hingga menjelang penutupan pendaftaran tercatat 5.000 lebih formulir telah masuk. Pembukaan yang dimulai sejak tanggal 5 Februari hingga 10 Februari 2017 selalu dipadati pendaftar setiap harinya.

"Hari ini penutupan, formulir yang sudah masuk sudah mencapai 5.000 lebih, belum semuanya," ujar Marulis, Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja Batam, Jumat (10/2/2017).
Pelatihan ini khusus bagi para pencari kerja untuk gelombang pertama dan gelombang kedua akan diberikan bagi Kelompok Profesional. Ada 20 bidang pelatihan, namun dalam data yang tercatat ada 3 bidang yang paling diminati diantaranya Welder, Fitter dan Elektrikal.

"Peminatnya sangat banyak, untuk welder sudah seribu lebih yang mendaftar namun untuk kuota yang diberikan hanya 10 orang saja karena Batam merupakan daerah yang dekat dengan offshore dan juga Batam juga banyak galangan kapalnya jadi peminar welder juga banyak selain itu elektrikal dan fitter juga ramai," kata Marulis.

Setelah Pendaftaran ini, nantinya akan diseleksi untuk seluruh para pendaftar namun sebelum itu akan dilakukan verifikasi terhadap berkas-berkas yang dilampirkan para pendaftar. "Tentu akan diverifikasi terlebih dahulu, bagi pendaftar yang memilih lebih dari satu bidang pelatihan otomatis langsung gugur," kata Marulis.

Marulis juga menjelaskan bahwa nantinya seleksi yang diberikan berupa tes tertulis yang berisikan soal pada umumnya. "Nanti tes tertulis dilakukan selama dua hari melihat peminatnya juga banyak, tesnya berisikan soal-soal umum," tutup Marulis. (Wilken)