Satpol PP dan Linmas Bantu Amankan TPS

Iklan Semua Halaman

.

Satpol PP dan Linmas Bantu Amankan TPS

Sku Metropolitan
Senin, 20 Februari 2017
SERANG, METRO - Sebanyak 1200 personil gabungan  dari Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), Pelindung Masyarakat (Linmas), Dinas  Perhubungan (Dishub), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siap diterjunkan membantu Kepolisiana dan TNI untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Banten Tahun 2017. 

Sebelum diterjunkan ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS), mereka diberikan arahan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Nata Irawan di lapangan Masjid Al-Bantani, KP3B Kota Serang

Dalam arahannya, Pj Gubernur Banten Nata Irawan menyampaikan beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh seluruh personil keamanan. Nata meminta agar para personil yang akan bertugas untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan terlibat aktif dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum. 

“Kami membantu aparat keamanan nanti menjaga situasi pada tanggal 15 Februari, tapi komunikasi dan koordinasi kami dengan Polda terus berjalan. Insyaallah banten aman dan penyelenggaraan pilkada bisa tertib dan menghasilkan pimpinan yang diharapkan oleh masyarakat itu sendiri,” kata Nata.

Menurutnya, sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 6 tahun 2010, bahwa tugas Satpol PP selain menegakan Perda juga menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan kepada masyarakat. Oleh karena itu, kata Nata, momentum Pilgub ini merupakan saat-saat yang sangat penting bagi Pol PP dan Linmas untuk menjaga situasi tetap tertib dan aman ditengah-tengah masyarakat banten.

“Optimalkan peran aktif masyarakat melalui tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam rangka mendeteksi dini untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban umum,” ujarnya.

Apel siaga yang dilaksanakan Pemprov Banten ini, lanjut Nata, merupakan media untuk berkoordinasi, berkonsolidasi dan mensinegrikan berbagai upaya untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif selama proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur banten berlangsung. 

“Dari minggu tenang kita sudah siap siaga, udah menjaga, jangan sampai ada sesuatu. Bahkan kemarin Kapolri hadir ke banten untuk mengantisipasi semua. Kita akan siaga sampai hari H (pemungutan suara). 

Kepala Sat Pol PP Provinsi Banten M Basri menambahkan, apel siaga pasukan pengamanan Pilkada ini merupakan arahan dari Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo agar aparat pemerintah daerah baik Pol PP, Damkar, Dishub, Linmas dan BPBD untuk melakukan upaya agar mensukseskan berlangsungnya proses demokrasi lima tahunan ini. Para personel ini akan berutgas pada pelaksanaan pemungutan suara di lokasi hingga mengamankan kotak suara ke panitia Pilkada tingkat kelurahan.

“Kita akan melakukan pemantauan dari luar, nanti personil Linmas kita tempatkan di TPS 2 orang yang mengamankan langsung. Makanya hari ini mereka  diberi pembekalan supaya mereka tahu. Intinya mereka akan menjaga TPS agar tidak terjadi apa-apa,” kata Basri.

Selain dihadiri Pj Gubernur Banten, dan seribuan personil gabungan, apel siaga ini juga dihadiri oleh Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, perwakilan Danrem 064/MY Serang, Wakil Ketua DPRD Banten Nuraeni, Sekda Banten Ranta Suharta dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. (bdi)