Bumdes di Beberapa Desa Kecamatan Banjarsari Dipertanyakan

Iklan Semua Halaman

.

Bumdes di Beberapa Desa Kecamatan Banjarsari Dipertanyakan

Sku Metropolitan
Sabtu, 01 April 2017
LEBAK, METRO - Beberapa warga desa di kecamatan Banjarasri kabupaten Lebak provinsi Banten ,mengeluh karena belum pernah mendapatkan  bantuan modal dari Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) setempat. Menurut warga, dana BUMDes tersebut diduga hanya dinikmati oleh aparat desa setempat, tidak disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Sampai saat ini di beberapa desa kecamatan Banjarsari belum pernah menerima bantuan pinjaman dari Bumdes, padahal di desa lain warga yang mempunyai usaha dagang diberikan pinjaman dari dana Bumdes,” ungkap salah seorang pemilik warung yang enggan disebutkan namanya beberapa waktu lalu.

Warga menganggap selama ini pengelolaan Bumdes di beberapa desa kecamatan Banjarsari tersebut terkesan tidak transparan dan tidak membantu perekonomian warga. Salah satu buktinya dengan tidak disalurkannya dana tersebut kepada masyarakat, melalui simpan pinjamnya. Para penerima bantuan tersebut hanya terbatas kepada aparatur desa setempat. “Mungkin dana Bumdes di sini hanya dinikmati perangkat desa saja pak, karena sepengetahuan kami belum ada masyarakat yang pernah menerima bantuan modal,” terang warga tersebut.

Dengan tidak adanya kucuran bantuan permodalan bagi pelaku usaha mikro tersebut, menguatkan dugaan adanya penyelewengan yang dilakukan oleh pengelola Bumdes dan kepala desa selaku penanggung jawab.

Seperti yang dikatakan salah seorang warga, pada tahun 2016 silam Bumdes tersebut  mengaku membeli seperti tabung gas elpiji guna melayani kebutuhan masyarakat , tetapi pada kenyataannya pembelian itu tidak dilaksanakan dan bersifat fiktif.

.Warga menyayangkan mulai dari perguliran dana Bumdes tahun 2016 sampai sekarang belum pernah menyentuh warga masyarakat kecil. Dan terkesan hanya dinikmati oleh segelintir orang.

“Buat apa ada bangunan Bumdes, kalau warga tidak bisa menerima manfaatnya, padahal kan bentuk bantuannya kan sebagai pinjaman yang pasti kita bayar juga,” terangnya lagi.
Warga mengharapkan adanya pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah kemana saja dana Bumdes tersebut disalurkan. Dan segera menindak tegas pelaku penyelewengan jika terbukti menyelewengkan dana tersebut.

“Kami hanya berharap agar pihak terkait segera melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan dana Bumdes di tiap desa se-kecamatan Banjarsari , supaya bisa tepat sasaran dan tidak diselewengkan,” harap warga.

Sementara itu Kepala Desa Leubak Keusik Abidin membantah terkait Bumdes yang kini i duga di selewengkan atau fiktif pernyataan Abidin Kades Leubak Keusik di benarkan oleh Jahari Kades Umbuljaya saat di konpirmasi. (Sud, Ajis)