Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan BBWSC-3 Gelar Kegiatan Peningkatan Kesehatan

Iklan Semua Halaman

.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan BBWSC-3 Gelar Kegiatan Peningkatan Kesehatan

Sku Metropolitan
Senin, 17 April 2017
Pandeglang, METRO - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengadakan penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan umum dan gigi.Bertempat di Ruang Rapat Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian Pandeglang. Masing-masing peserta dari berbagai Instansi Pemerintahan. Acara dimulai dengan pembukaan yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan selamat datang oleh Bapak Tris Raditian, ST.MM selaku Kepala BBWSC-3. Dilanjutkan dengan sambutan Ka. Biro Umum Sekjen Kemen PUPR / di wakili oleh Kabag Rumah Tangga Biro Umum Sekjen Kemen PUPR,Bapak Fatul Jawat, ST, M.Si. Dilakukan Penyerahan secara simbolis modul Diabetes Miletus oleh Kabag RT Biro Umum Kepada Kepala BBWSC-3. Tentang apa itu Diabetes Mellitus? Diabetes Mellitus atau disingkatdengan DM adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa (gulasederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara adekuat. Perlu kita ketahui bersama Indonesia 

menempatiurutan kelima dalam urutan Negara-Negara yang memiliki jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia yaitu sebanyak 9,1 juta orang pada tahun 2015.Salah satu manifestasi penyakit DM dapat dijumpai di rongga mulut(oral Diabetik).Kondisi rongga mulut seringkali menjadi pertanda dalam mengetahui adanya kelainan DM. Penyuluhan kesehatan umum oleh Dr. Royati.Penyuluhan Gigi oleh Drg. Deddy dan Drg. 

Noviani setelah peserta tes kesehatan mendapatkan informasi tentang “Pengaruh penyakit Diabetes Mellitus pada Kesehatan Gigi dan Mulut”. Dengan demikian tujuan diadakannya Penyuluhan Poliklinik PUPR adalah memberikan peserta tambahan wawasan dan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kesehatan rongga mulut terkait penyakit DM,Dikarenakan sebenarnya penyakit ini dengan mudah dikendalikan jika kita tau cara mengantisipasinya. Acara dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan umum seperti tensi darah,berat badan,tinggi badan, lingkar perut, riwayat penyakit, riwayat keluarga, glukosa sewaktu dan yang terpenting yaitu dilakukan juga pemeriksaan gigi atau rongga mulut guna mengantisipasinya penyakit Diabetes Mellitus. Berharap dengan kegiatan tersebut setelah memahami,kita bisa menyadari keadaan penyakit dan ikut bertanggung jawab terhadap pemeriksaan oral hygiene serta kesehatan gigi dan mulut. (bbwsc3/Bdi)