SDN Jambangan 1 Bercita-cita Jadi Sekolah Adiwiyata

Iklan Semua Halaman

.

SDN Jambangan 1 Bercita-cita Jadi Sekolah Adiwiyata

Sku Metropolitan
Senin, 17 April 2017
Ngawi, METRO - Sekolah Dasar Jambangan 1 yang berada di Lintang : -7.4424000 Bujur : 111.3849000 (menurut Peta Google), Dusun Jambangan RT 05 RW 08, Desa Jambangan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi ini, merupakan sekolah yang cukup maju di wilayah Kecamatan Paron. Sekolah ini memiliki 8 kelas, 1 Perpustakaan sekolah dan 2 sanitasi murid. 

Sugiyanto, S.Pd., sebagai Kepala Sekolah yang memimpin 10 Guru PNS dan Guru Tidak Tetap (GTT) 3 orang telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelenggarakan dan melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) aktif kreatif untuk tercapainya kelulusan yang unggul dan mampu bersaing, melaksanakan model belajar mandiri untuk meningkatkan minat baca siswa, dan mengembangkan nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa dalam pembelajaran. Serta terus berupaya meningkatkan keprofesionalan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dan pelayanan pendidik dengan melalui proses komunikatif : perencanaan, evaluasi, dan tindak lanjut.

Di sekolah ini, sarana dan alat pendidik dalam pembelajaran sudah terbilang lengkap, baik untuk kegiatan Belajar Mengajar, Olah Raga dan kegiatan ekstrakurikuler di luar jam belajar. Seperti Drum Band, Hadroh, seni tari, dan kegiatan Pramuka, masing-masing kegiatan tersebut sudah ada seorang guru pembinanya.

Menurut penuturan Kepala Sekolah Dasar Negeri Jambangan I, Sugiyanto, S.Pd., “Sekolah ini banyak menorehkan prestasi diberbagai ajang lomba dan kompetensi siswa berprestasi baik di tingkat Gugus, Kecamatan, Kabupaten maupun Propinsi bahkan tingkat Nasional. Sekolah ini, meski terlihat sederhana namun prestasi anak didiknya sungguh tidak dapat dianggap remeh.”

“Di tahun 2017 ini, prestasi di bidang akademik telah meraih Juara III Lomba MIPA di Tingkat Kecamatan dan  di bidang non akademik, muridnya masuk 10 Besar yang sekarang sedang mengikuti persiapan untuk maju dalam Lomba Senam Bugar Anak Indonesia di Tingkat Nasional di Jakarta nanti mewakili Kabupaten Ngawi,” terangnya dengan bangga.

Untuk membentuk akhlak dan budi pekerti luhur setiap hari ada kegiatan sholat Duha, Sholat Dhuhur dan Sholat Berjamaah. Kepala Sekolah SDN Jambangan I, Sugianto, SPd., berharap sekolah yang diampunya bisa menjadi sekolah Adiwiyata, karena sudah jauh hari telah merintis penghijauan dan menggalakkan kebersihan di sekolah. Selain itu, sekolah dapat membangun pagar sekolah untuk  memberikan rasa aman dan nyaman, dan halaman sekolah segera bisa dipaving agar di waktu musim hujan tidak becek. “Karena untuk dapat mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan maka sekolah harus memperhatikan dan peduli akan lingkungan yang sehat, bersih serta indah,” pungkasnya. (Zainal/ Setiyo)