Bupati Tanjabbar Langsung Pantau Evakuasi Kebakaran Di Jantung KotaKuala Tungkal

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Tanjabbar Langsung Pantau Evakuasi Kebakaran Di Jantung KotaKuala Tungkal

Sku Metropolitan
Jumat, 12 Mei 2017
Tanjabbarat, Warindo - Bangunan di Kota Kuala Tungkal lagi-lagi dilalap api pada Selasa (03/05), belum lama si jago merah telah melalap sebuah rumah di Desa Teluk Ketapang Tanjab Barat (17/4),   Bupati Tanjab Barat Dr.Ir.H. Safrial, MS menghampiri lokasi kebakaran dijantung Kota Kuala Tungkal untuk menyaksikan evakuasi berlangsung yang menghanguskan 2 unit ruko elit milik warga RT.16 Jalan Siswa, Kelurahan Tungkal IV Kota Kabupaten Tanjab Barat, dan 1 buah rumah ruko rusak akibat kebakaran tersebut yang terjadi sekitar pukul 17.30 WIB.

Bupati Safrial mengatakan dengan kejadian kebakaran ini kedepan pihaknya berencana akan membuat Waduk-waduk, kemudian saat  sudah mempunyai mobil yang memiliki Hedrolid untuk memadamkan api diketinggian.
"Sebetulnya nanti protaf pemadaman kebakaran digedung bertingkat itu harus ada, tadi itu karena terlambat membuka jendela, setelah membesar baru jendela terbuka, seharusnya itu dibuka dengan dibukanya jendela tersebut baru kita bisa menembakan air, namun itu juga dikarenakan pemilik ruko tidak ada makanya pintu rukonya itu dijebol," papar bupati di lokasi kejadian.

Kedepan pihaknya akan melengkapi alat-alat kebakaran termasuk menambah lagi mobil yang memiliki Hedrolid. Kemudian peralatan- peralatan lain, mesin-mesin sedot, mobil tangki air.
"Yang paling penting itu bagaimana kita menata, kedepan ini drainase yang ada didalam kota Kuala Tungkal ini, selain untuk berpungsi mengalirkan air, kemudian juga kita berharap, nanti dia juga menjadi sebagai waduk yang dapat digunakan ketika terjadi kebakaran," tambahnya.

Ketika ditanyakan asal api penyebab kebakaran, pihaknya belum tahu persis asal kejadian kebakaran tersebut.
Api baru berhasil dijinakan oleh anggota Damkar, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), mobil pemadam kebakaran Budi Luhur,Tagana, kurang lebih sekitar 6 jam api baru dapat dipadamkan.
Sedangkan dalam pengamanan lokasi dibantu oleh pihak Kepolisian Mapolres Tanjab Barat, Satpol PP, dan anggota Kodim 0419 Tanjab, Puskesmas II Dinas Kesehatan Tanjab Barat. Beruntung dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Terpisah salah seorang warga Kuala Tungkal yang tidak disebutkan namanya menduga kebakaran terjadi dikarenakan listrik yang tidak normal, "Yang kadang terang kemudian redup, sehingga mengakibatkan korsleting listrik, dan membuat alat elektronik juga rusak" tukasnya.

Hadir dilokasi kebakaran tersebut, Kasat Pol PP, Samsul Jauhari, Sos, Kaban BPBD Tanjab Barat H. Erwin, Sekertaris Infokom, H. Hamdani, Kasi Permukiman Eko Suelo, Kabag Ops Mapolres Tanjab Barat, Kompol Nainggolan dan Anggota Polres Tanjab Barat. (Johari)