DPRD Cermati Rencana Pemindahan Dua Puskesmas di Tanjabbar

Iklan Semua Halaman

.

DPRD Cermati Rencana Pemindahan Dua Puskesmas di Tanjabbar

Sku Metropolitan
Selasa, 16 Mei 2017
Tanjabbarat – Metro - Rencana Pemerintah Tanjung Jabung Barat untuk memindahkan dua Puskesmas yang berada dalam kota Kuala Tungkal mendapat dukungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), namun demikian 
harus dikaji secara mendalam.

Ketua DPRD Kabupaten Tanjabbar, Faisal Riza saat di konfirmasi terkait renacan pemindahan dua puskesmas tersebut mengatakan bahwa pihaknya tetap mendukung rencana Pemkab selagi bermanfaat bagi masyarakat banyak meskipun belum dilakukan pembahasan.
 “Itu baru rencana atau belum ada pembahasan oleh legeslatif dan eksekutif. Harus kita bahas dulu di DPRD,” ujar Ketua DPRD Tanjabbar.
Dia menyebutkan bahwa dewan akan melakukan kroscek atau bertemu langsung dengan warga. Jika warga setuju dan azas manfaatnya bagus maka DPRD sebagai wakil rakyat juga siap menyetujui. “Nanti kita juga akan mendengar lansung bagaimana pendapat dari masyarakat setempat. Jika nantinya masyarakat tidak keberatan, selagi itu bagus akan kita setujui,” kata Icol, sapaan akrab politisi Gerindra itu di Kualatungkal.
Sementara itu, Sekda Tanjabbar, Ambok Tuo menyebutkan, bahwa rencana relokasi sudahmenjadi keputusan pemkab dengan berbagai alasan. “Kalau sudah dipindahkan dan menjadi Puskesmas rawat inap 24 jam, nantinya puskesmas I di parit 3 kita jadikan untuk pengembangan pasar. Sementara Puskesmas II di Parit Pompong akan kita tata menjadi lahan parkir,” tegas Sekda.

Dijelaskan Sekda, bahwa Tanjabbar perlu melakukan pengembangan puskesmas menjadi puskesmas rawat inap. “Kapasitas RSUD kita yang ada sudah tidak sesuai dengan kepadatan penduduk. Sebenarnya RSU juga akan kita kembangkan akan tetapi harus perlahan, kita prioritaskan dulu puskesmas mana yang perlu ditingkatkan, selain dua puskeamas di Tungkal Ilir ada juga Satu Peskesmas di Tungkal Ulu juga akan kita tingkatkan menjadi rawat inap, ” tukasnya. (Johari)