Hanan : Reformasi Berokrasi Tidak Akan Terwujud Jika Dibiarkan KKN

Iklan Semua Halaman

.

Hanan : Reformasi Berokrasi Tidak Akan Terwujud Jika Dibiarkan KKN

Sku Metropolitan
Selasa, 16 Mei 2017
TULANG BAWANG, METRO - Reformasi birokrasi  mustahil terwujud, jika tata pemerintahan masih memberikan peluang terhadap praktik-praktik kolusi korupsi dan nepotisme (KKN).
Hal itu diungkapkan Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A Rozak.MS, pada Pencanangan Gerakan Saber Pungli di lapangan kantor Pemda Lama Menggala, Senin (08/05/2017).

Hanan, meminta seluruh jajaran pemerintah daerah, terutama unit kerja terkait, agar dapat terus memperteguh komitmen memberantas praktek KKN sesuai ketentuan.

"Peningkatan efektivitas pengawasan aparatur harus terus terlaksana, baik melalui pengawasan internal, pengawasan fungsional, maupun pengawasan masyarakat harus terus dilakukan, dalam upaya mewujudkan good governance dan budaya kerja positif para aparatur, sehingga dapat efektif, efisien, dan profesional, dalam meningkatkan kualitas dan produktifitas kinerjanya di kabupaten ini," katanya.

Menurutnya, sangat penting menjaga profesionalisme dalam bekerja, terutama ASN yang melayani kepentingan Publik."Secara bersama-sama kita harus mewujudkan pemerintahan yang bersih, jujur dan adil guna meningkatkan kemajuan bangsa dan negara khususnya daerah Kabupaten Tulangbawang," ujarnya.

Bupati menjelaskan, maraknya pungutan liar yang sudah terlalu lama dibiarkan, telah menjadi budaya dalam pelayanan masyarakat di Indonesia. Keberadaan pungli dianggap menjadi hal yang biasa, tidak hanya urusan KTP, Sertifikat, Perizinan kantor serta rumah sakit dan hal-hal yang berurusan dengan pungutan yang tidak resmi harus dihilangkan.

"Menindaklanjuti Peraturan Presiden RI Nomor 27 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang menerbitkan Surat Keputusan Bupati Tulang Bawang Nomor: B/2/III.01/HK/TB/2017 tanggal 3 januari 2017, tentang pembentukan Unit Pemberantasan Pungutan Liar Tingkat Kabupaten Tulang Bawang, yang bertugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisian yang dalam melaksanakan tugasnya, satgas Saber Pungli menyelenggarakan fungsi intelijen, pencegahan, pendidikan dan yustisi," kata Hanan.


Orang nomor satu di Tuilang Bawang itu meminta Tim Saber Pungli Kabupaten Tulangbawang, agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.(Fendi)