Pokmawas Tangkap Nelayan Asal Cilincing

Iklan Semua Halaman

.

Pokmawas Tangkap Nelayan Asal Cilincing

Sku Metropolitan
Selasa, 16 Mei 2017
Bekasi, METROP. - Belasan nelayan asal Cilincing Jakarta Utara terdiri dari tiga kapal di tangkap jajaran Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pal Jaya, Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, saat menangkap ikan di perairan PPI Pal Jaya, Tarumajaya Kabupaten Bekasi, Rabu (10/5).

Beberapa nelayan saat di konfirmasi kepada media mengatakan, bahwa dirinya sedang melintas di pinggir pesisir laut, mulai dari Cilincing Jakarta Utara, ke wilayah pesisir pinggir laut Tarumajaya, dan Muara Gembong, ketika melintas di perairan Tarumajaya di tangkap Pokmaswas Pal Jaya, "ujarnya.

Kita belum tahu mengenai ada kewajiban permisi ketika melewati perairan di luar dari daerah DKI Jakarta, dan kami pun tidak mengetahui kalau peraturannya harus ada surat izin.

"Ya kita kan gak tau kalau ada peraturan baru ketika melewati perairan wilayah lain harus berizin, intinya harus ada surat PAS kecil, "terangnya.

Sementara, Diah Ayu, Kasi Pengamanan Dinas Kelautan Provinsi Jawabarat, mengatakan, nelayan melaut untuk mencari ikan, di haruskan membawa identitas, diantaranya, harus ada PAS kecil, kartu identitas, dan surat tugas anggota, dan semua nelayan yang di tangkap, tidak membawa surat resmi.

"Saat diamankan tidak ada perlawanan dari para nelayan tersebut, saat kami mengamankan perahu dan nelayan kami dibantu oleh dinas provinsi dan dinas perhubungan, dan dari dua tahun beroperasi baru dapat di amankan hari ini, "jelas 

Menurutnya, belasan nelayan yang diamankan hanya diberikan surat peringatan berupa teguran, dan kami tidak melakukan penahanan baik kapal maupun nelayannya.

"Sementara semua nelayan yang diamankan, hanya kita berikan surat teguran, dan nanti kita akan melakukan koordinasi ke pihak DKI Jakarta, "ungkapnya. ACEP