PPDB, Calon Siswa Harus Melampirkan Kartu Keluarga

Iklan Semua Halaman

.

PPDB, Calon Siswa Harus Melampirkan Kartu Keluarga

Sku Metropolitan
Kamis, 08 Juni 2017
Tulungagung Metro, Calon siswa sma Negeri di Tulungagung disyaratkan melampirkan Kartu Keluarga (KK) dalam pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ini persyaratan tersebut sebagai implementasi dari penerapan penerimaan siswa baru dengan system zonasi.

Kasi SMA/SMK Dinas pendidikan propinsi Jawa Timur Cabang Tulungagung, Subagyo, Senin (22/5) mengatakan dalam system zonasi kedekatan tempat tinggal dengan sekolah yang dituju merupakan komponen penting dan utama dalam seleksi. “Kalau di prosentase besaran kedekatan tempat tinggal dengan sekolah sebesar 85 persen”, ujarnya.

Menurut Subagyo, dengan system zonasi, siswa akan lebih dekat bersekolah dengan tempat tinggalnya, tidak lagi berbiaya tinggi karena harus mengeluarkan biaya transportasi”. Jadi nanti siswa yang berasal dari Rejotangan bersekolah di sekolah yang ada di kecamatan Rejotangan”, paparnya.

Namun demikian, diakui dia, sampai saat ini di Kabupaten Tulungagung belum bisa dilakukan sistem zonasi dengan prosentasi 100 persen. Masalahnya tidak semua kecamatan memiliki SMA Neger, “Karena itu bagi calon siswa yang berada di kecamatan Pucanglaban misalnya, nanti bisa memilih di dua zona yang telah ditentukan”, tuturnya.


Adapun zonasi yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur cabang Tulungagung untuk zona I meliputi Kecamatan Kedungwaru, Kecamatan Tulungagung dan kecamatan Karangrejo, kemudian zona II, meliputi Kecamatan Boyolangu, Kecamatan Campurdarat dan Pakel, sedang zona IV meliputi Kecamatan Pakel dan Gondang. (Sar/Jon)