PSC RSUD Iskak Tulungagung Curi Perhatian di Pameran Pelayanan Publik Jawa Timur

Iklan Semua Halaman

.

PSC RSUD Iskak Tulungagung Curi Perhatian di Pameran Pelayanan Publik Jawa Timur

Sku Metropolitan
Kamis, 08 Juni 2017

Tulungagung Metro, - Kecepatan penanganan serangan jantung yang dimiliki RSUD Dr. iskak Tulungagung menjadi pusat perhatian dalam pameran dan simposium pelayanan publik Jawa Timur 2017.  Stan rumah sakit ini dipenuhi ribuan pengunjunga yang tertarik layanan pra hospital yang dipamerkan.

Sejak pertama kali dibuka oleh Sekdaprov Jawa Timur Akhmad Sukardi dan dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kemenpan M Sadiq Pasadigoe. Kamis 18 Mei 2017. Gelar pameran dan simposium pelayanan publik 2017 yang digelar di Stadion Gelora Joko Samudro Jalan Veteran Gresik langsung diserbu pengunjung. Mereka berebut menyasikan booth pameran (Stand) yang menampikan produk layanan unggulan intitusi pemerintah.

Dalam pameran ini, sedikitnya 159 peserta dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur ikut ambil bagian. Mereka terdiri dari perwakilan badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD) serta instansi vertical di tingkat provinsi hingga daerah. “Kami menampilkan layanan Public Safety Community (PSC) yang didukung layanan pra hospital SKA (syndrome koroner akut),” kata Direktur RSUD Dr. Iskak Tulungagung, Dr. Supriyant, Sp.B.

Dia menjelaskan layanan SKA adalah sebuah layanan cepat untuk pasien yang mengalami serangan jantung dan langsung bisa dilakukan pemasangan rung pada hari itu juga. Kecepatan ini sangat berperan dalam menekan angka kematian serangan jantung yang memiliki waktu penyelamatan singkat.

Menariknya dari seluruh rumah sakit kelas daerah di Indonesia, hanya RSUD Dr. Iskak Tulungagung yang memiliki kemampuan melakukan ini. Bahkan layanan pemasangan ring atau kateterisasi jantung ini bisa dijalani dengan program BPJS. “Rumah sakit kami sering menjadi studi banding rumah sakit di Indonesia,” tambah Supriyanto.

Kecanggihan itu pula yang membuat stan dan pameran RSUD dr. Iskak tak pernah sepi pengunjung. Dalam pelaksanaan pameran yang digelar mulai 18 – 20 Mei 2017, ribuan pengunjung berjejal memadati booth. Mereka ingin menyaksikan sendiri kehebatan layanan PSC yang pernah dinobatkan Menteri Kesehatan sebagai program PSC terbaik di Indonesia. Hal ini pula yang membuat stand tersebut diganjar sebagai Stan Terinovatif ke-3 oleh panitia penyelenggara.


Sementara itu dalam paparannya, Staf Ahli Menpan M Sadiq Pasadigoe berharap seluruh instansi pemerintah khususnya jawa Timur memiliki langkah nyata dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Indonesia telah memasuki era pelayanan publik tingkat dunia pad atahun 2025 mendatang, “ katanya.  (Sar/Jon)