Bupati Tegur Kepala Dinas Dispendukcapil

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Tegur Kepala Dinas Dispendukcapil

Sku Metropolitan
Kamis, 08 Juni 2017
Tulungagung, Metro - Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo terheran – heran melihat data kependudukan Kabupaten Tulungagung nyaris tidak ada perubahan sejak empat tahun silam.
Syahri pun menyemprot Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Justi Taufik.
“Tolong Kepala Dinas Dispendukcapil, datannya di cek lagi,karena empat tahun lalu sebelum saya jadi Bupati, jumlah pemilih nyaris sama dengan data wajib KTP saat ini,” ujar Syahri di depan ratusan orang peserta sosialisai kebijakan administrasi kependudukan, senin (15/5) di Barata Convention Hall Tulungagung.
Syahri mengungkap, empat tahun lalu daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Tulungagung sekitar 840.000 DPT ditetapkan berdasar warga yang sudah berusia 17 tahun atau yang sudah wajib mempunyai kartu tanda penduduk (KTP).
Sementara data yang dikeluarkan dispenducapil jumlah warga Kabupaten Tulungagung 1.095.271 dari jumlah tersebut warga yang wajib memiliki KTP – E sebanyak 836.363 jiwa.jika dibandingkan empat tahun silam, justru ada penyusutan sekitar 400 jiwa.
“Tolong di cek di Badan Pusat Statistik dan setiap desa, karena perubahan penduduk pertama yang tahu adalah Kades jika tidak valid segera lakukan validasi,” tegas Bupati.

Menurut Syahri, jika terjadi penyusutan wajib KTP ini kemungkinan karena angka kematian lebih besar dari angka kelahiran. Namun itu dianggap mustahil, karena berdasar data BPS angka harapan hidup Kabupaten Tulungagung mencapai 73 tahun.  (Sar/Jon)