42 Desa Adakan Pilkades Serentak di Kabupaten Kapuas

Iklan Semua Halaman

.

42 Desa Adakan Pilkades Serentak di Kabupaten Kapuas

Sku Metropolitan
Senin, 31 Juli 2017
Drs. Ibak, M.Pd
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas
Kapuas, Metro
Pilkades serentak di Kabupaten Kapuas akan dilaksanakan bulan September 2017, sedangkan pada tahun 2018 Kabupaten Kapuas termasuk salah satu Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada Bupati serentak. Dalam penghujung tahun 2017, sebanyak 42 desa yang Kadesnya habis masa periodesasinya, dan segera melaksanakan pemilihan Kepala Desa, termasuk 5 desa yang akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) hasil Pilkades serentak 2017 yang bermasalah.

Hal tersebut disampaikan Drs. Ibak, M.Pd, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas, ketika Metropolitan menemui di ruang kerjanya.

Walaupun Perbup tentang Pilkades baru saja turun hal ini tidak membuat para Panitia Pilkades terbebani, padahal Perbup seharusnya terlebih dahulu disosialisasikan cukup waktu, agar emplementasinya tepat sehingga tidak menimbulkan permasalahan dalam penerapan pelaksanaan Pilkades serentak, karena bagaimanapun jika kurang sosialisasi sering berakibat dan menimbulkan permasalahan dan berujung gugatan kepengadilan sebagaimana pernah terjadi pada hasil Pilkades serentak pada tahun 2017 yang lalu.

Sementara itu Camat Basarang Drs. Aswan, mengatakan jajaran Kecamatan Basarang dalam menyikapi keterlambatan Perbup No.17 Tahun 2017, tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa, pihaknya telah mengadakan rapat untuk membentuk Panitia Tim Fasilitator Pilkades serentak Kecamatan, begitu Perbup terbit, Dengan komposisi Tim adalah, Penanggung Jawab Camat Basarang, sebagai Ketua Tim, Sekretaris Kecamatan (Sekcam), sedangkan Sekretaris, Kasi Tata Pemerintahan, sebagai anggota masing-masing, Kasi Trantip, Kasi Tata Pembangunan dan Lingkungan Hidup, dan Staf Kecamatan Basarang.

Tim Fasilitator tersebut sebagaimana yang diatur dalam Perbup, untuk mensosialisasikan Perbup itu sendiri serta tahapan-tahapan Pilkades serentak yang kini hanya tinggal lebih kurang 1 bulan,  demikian di utarakan Drs. Aswan Camat Basarang saat di konfirmasi Metropolitan di ruang kerjanya.

Menyikapi keterlambatan tentang Perbup tersebut, hendaknya pihak Tim Fasilitator Pilkades serentak Tingkat Kecamatan harus senantiasa berkoordinasi dengan pihak terkait terutama kepada Tim Panitia Pilkades di Desa dalam wilayah Kecamatan masing-masing.

Hal ini dimaksudkan agar pihak panitia Pilkades serentak di Desa yang bersangkutan tidak mengalami kesulitan dalam melaksanakan tahapan-tahapan Pilkades serta menetapkan bakal calon Kades.

Sementara itu pantauan Metropolitan dilapangan, ada panitia Pilkades yang kebingunan untuk menentukan bakal calon hal tersebut berkaitan dengan persyaratan bakal calon yang dianggap panitia kontroversi sehingga panitia tersebut selalu berkoordinasi dengan pihak dinas PMD sebelum mengambil keputusan untuk menentukan bakal calon.

Maka justru itu seyogyanya semua pihak terkait mengawal proses Pilkades serentak sehingga dapat terlaksana dengan baik. (Ahza).