Desa Brubuh Fokus Bangun Rabat Jalan Dan Talud

Iklan Semua Halaman

.

Desa Brubuh Fokus Bangun Rabat Jalan Dan Talud

Sku Metropolitan
Senin, 31 Juli 2017
 
(Kiri) Kepala Desa Brubuh, Tri Joko (Kanan) Pengerjaan Talud Penahan Tanah di Desa Brubuh

Ngawi, METROPOLITAN
Pemerintahan Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo yang memiliki motto,”Brubuh Rukun” ini mengejawantahkan motto atau slogan desanya dengan cara membangun desa bersama-sama seluruh elemen warga masyarakatnya secara guyub, transparansi, rasa memiliki dan bertanggungjawab serta bergotongroyong demi kemajuan desanya agar dapat dirasakan dan dinikmati oleh seluruh warga masyarakatnya secara signifikan dari hasil pembangunannya.

Pembangunan di Desa agar bisa berjalan sukses, tentunya tidak lepas dari kesadaran seluruh warga masyarakat dan Pemerintah Desa untuk memiliki kebersamaan, rasa kesatuan dan gotong royong serta kekompakan didalamnya. Sehingga cita-cita, visi dan misi Pemerintah Desa dapat terealisasi dengan maksimal. Yang mana, kesemuanya itu bertujuan hanya untuk peningkatan taraf hidup dan perekonomian warga masyarakat semata, agar sejahtera, sentosa dan makmur dalam hidupnya.

Di tahun anggaran 2017 ini, Pemerintahan Desa Brubuh mengalokasikan sebagian Dana Desa dan ADDnya untuk membangun Talud Penahan Tanah (TPT) Jalan Poros Brubuh RT 02 RW 01, TPT Jalan Poros Tugu Campuhan RT 08 RW 02, Rabat dan Talud Jalan untuk Akses Pertanian Dusun Brubuh RT 04 RW 01, Rabat dan Talud Jalan Akses Pertanian Dusun Kayangan RT 02 RW 02, TPT Pakis, Blooder RT 03, 05 RW 01, pembuatan gorong-gorong tempat sampah, Pengadaan Loudspeaker, Pembuatan Tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) dan Pengadaan Sarana Prasarana Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Kepala Desa Brubuh, Tri Joko, “Kita menggunakan semua anggaran, baik ADD, Dana Desa, PADesa, Bantuan Keuangan (BK) maupun BHP/BHR secara transparansi dan bisa dipertanggungjawabkan, Mas. Kita juga mencetak Baner Besar untuk APBDesa, di situ tertera sumber-sumber pendapatan dan penggunaan seluruh anggaran yang diperoleh Pemerintahan Desa supaya diketahui oleh seluruh masyarakat desa.,”jelasnya saat ditemui di Kantor Desa, (24/7).

Menurut Ketua TPK Pembangunan Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo, Anwarul Huda, menuturkan bahwa pada tahun ini, selain masih fokus pada pembangunan rabat jalan dan talud, Pemerintah Desa juga terus mengadakan pembangunan sapras kantor desa, guna menunjang pelayanan kepada warga masyarakat.

“Semua kegiatan pembangunan di Desa Brubuh ini dilaksanakan atas dasar kesepakatan bersama antara Pemerintah Desa dengan seluruh komponen masyarakat Desa Brubuh melalui Musrembangdes dan dituangkan di APBDes, agar pelaksanaannya berjalan dengan baik, lancar dan didukung oleh seluruh warga masyarakat, Mas. Kita juga memakai jasa Triyani, ST sebagai konsultan Teknis dalam pembangunan di sini,”tuturnya.

 Kepala Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo, Tri Joko mengatakan bahwa, “Dengan membangun jalan dan talud serta sapras kantor desa ini, saya ingin agar seluruh warga masyarakat di sini bisa merasakan dan menikmati hasil pembangunan yang telah kita lakukan bersama, sehingga perekonomian dan taraf hidup warga masyarakat boleh mengalami peningkatan, masyarakat desa bisa hidup ayem, tentrem dan sejahtera. Serta tidak lupa saya mengajak warga masyarakat untuk selalu mengingat, memelihara dan melestarikan budaya yang ada dan dilalukan turun temurun di desa ini.”paparnya.

“Saya sebagai wakil dari Pemerintahan Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dana pembangunan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, melalui program percepatan dan pemerataan pembangunan di kawasan perdesaan, sehingga Desa Brubuh bisa giat membangun secara berkelanjutan dan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakatnya,”pungkas Kepala Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo, Tri Joko. (Zainal)