Pemkab Tulungagung Gelar Pasar Murah

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Tulungagung Gelar Pasar Murah

Sku Metropolitan
Minggu, 02 Juli 2017
Tulungagung, Metro. - Masyarakat Tulungagung tidak perlu lagi susah memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mulai Senin (12/6) secara resmi Pemkab Tulungagung menyelenggarakan pasar murah di area GOR Lembu Peteng, Tulungagung. Acara yang diadakan hingga 19 Juni mendatang itu diikuti sekitar 200 stan yang menyediakan berbagai kebutuhan dengan harga lebih murah.

Kabag Perekonomian Pemkab Tulungagung Bambang Ermawan mengungkapkan, digelarnya pasar murah bertujuan menghidupkan, menggerakkan, dan mengembangkan usaha masyarakat, khususnya di industri kecil. Dengan begitu, masyarakat juga bisa terbantu dalam hal ketersediaan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri. ’’Harga yang ditawarkan pun lebih murah,’’ katanya

Bambang menambahkan, pasar murah juga menjadi langkah antisipatif yang diambil pemkab terhadap potensi permainan harga. Jika sampai terjadi, ini tentu meresahkan masyarakat karena bisa berdampak tingginya harga sembako dan komoditas lainnya. ’’Dari sini juga sekaligus mempromosikan dan mengembangkan pemasaran produk unggulan agar lebih dikenal,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Bupati Maryoto Birowo mempersilakan masyarakat untuk datang ke pasar murah yang buka pukul 09.00 hingga 21.00. Apalagi, harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding di pasaran, khususnya 12 komoditas. Dengan demikian, harganya bisa lebih stabil. ’’Ini pun bisa meningkatkan kecintaan terhadap produk dalam negeri yang kualitasnya memiliki daya saing dari produk impor,” jelasnya.

Maryoto menambahkan, pasar murah tersebut merupakan media promosi yang sangat strategis. Sebab, produsen berinteraksi langsung dengan calon pembeli. Untuk itu, pemkab juga ikut memberikan sumbangsih berupa tambahan penghasilan bersifat khusus (TPBK) kepada 11.645 PNS dengan nominal Rp 400 ribu per orang. ’’Diharapkan PNS juga bisa berpartisipasi dengan berbelanja kebutuhan hari raya di pasar murah,” imbuhnya

Wakil Bupati berharap pada kegiatan tersebut bisa tercipta iklim usaha yang kondusif. Yakni, hubungan timbal balik yang harmonis antara produsen dan konsumen. Juga kemudahan bagi pelaku usaha wilayah Tulungagung untuk ikut serta dalam mengisi stan pasar murah sebagai sarana promosi produk unggulan. ”Yang terpenting bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya. (Sar/Jon)