Pemkab Tulungagung Terapkan Sekolah Murah

Iklan Semua Halaman

.

Pemkab Tulungagung Terapkan Sekolah Murah

Sku Metropolitan
Minggu, 02 Juli 2017
Tulungagung, Metro. - Bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung yang putra – putrinya mendafatar sebagai calon siswa – siswi kelas 7 SMP Negeri bisa bernafas lega dan tak perlu was – was dengan tarikan biaya pendidikan. Pasalnya pemkab Tulungagung bakal membagikan seragam sekolah, seragam olah raga, sepatu, tas, dan ikat pinggang secara gratis bagi setiap siswa kelas 7.

Demikian di ungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Tulungagung, Suharno, M.Pd (12/6). “ mulai tahun ini diterapkan sekolah murah.

Pemkab Tulungagung nanti melakukan transfer dana pada setiap sekolah negeri untuk keperluan  biaya seragam sampai sepatu pada siswa kelas 7 SMP Negeri, “Katanya.

Selain itu, siswa kelas I SD Negeri se- Kabupaten Tulungagung juga akan mendapat fasilitas serupa, untuk pendaftaran siswa baru kelas I SD Negeri ini bakal dilakukan mulai tanggal 3 Juli 2017 mendatang.

Dengan di biayainya perlengkapan sekolah bagi siswa kelas I SD Negeri dan kelas 7 SMP Negeri tersebut tidak akan ada lagi pungutan biaya yang dilakukan sekolah untuk kebutuhan siswa tersebut. “Intinya sekolah tidak boleh menarik biaya. Kalaupun kemudian ada kebutuhan lain yang perlu di biayai oleh sekolah maka itu harus melalui keputusan komite sekolah, bukan sekolah,” katanya.

Kebutuhan biaya untuk pengadaan seragam sekolah sampai ikat pinggang, lanjut Suharno akan dilakukan oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Tulungagung.” BPKAD akan menstransfer dananya ke sekolah masing – masing. Tidak lewat Dikpora. Jadi langsung ke sekolah – sekola,” terangnya. (Sar/Jon)