Cegah Banjir, Pemdes Jambangan Bangun Talud

Iklan Semua Halaman

.

Cegah Banjir, Pemdes Jambangan Bangun Talud

Sku Metropolitan
Sabtu, 26 Agustus 2017
 
Ket. Photo: Proses Pengerjaan Talud di Desa Jambangan, Kecamatan Paron, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi.
NGAWI, METRO
PembangunanTalud Penahan Tanah (TPT) di RT 01, RT 03, RT 04, dan RT 05 Dusun Gandu Winong sepanjang 2 x 1.190 meter x 0,30 meter menjadi prioritas utama Pemerintah Desa Jambangan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, di tahun 2017 ini. Sumber dananya dari Dana Desa (DD) yang digelontorkan Pemerintah Pusat.

Kepala Desa Jambangan, Hj. Hidayati, mengatakan, pembangunan Talud Penahan Tanah di RT 01, 03, 04 dan RT 05 Dusun Gandu Winong bertujuan agar pada waktu musim hujan tanahnya tidak longsor dan jalan tidak becek. Pasalnya, selama ini kondisi di sekitar talud tersebut sangat memprihatinkan. Sehingga sangat mengganggu dan mengkhawatirkan, saat hujan sedang turun.

“Pembangunan TPT di Dusun Gandu Winong diprioritaskan karena bila musim hujan, air dari selokan meluap ke ruas jalan dan mengakibatkan jalan menjadi becek dan licin bila pengendara R4 dan R2 melewatinya. Untuk itu pembangunan TPT ini materialnya dipilihkan yang bagus agar hasil bangunannya berkualitas,” ujarnya saat ditemui dilokasi pembangunan, (7/8).

Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Bidang Pembangunan, Ali mengatakan bahwa Pembangunan ini sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) agar hasil pembangunanya berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan, serta transparan,” jelasnya.

Kembali, Kepala Desa Jambangan, Kecamatan Paron, Hj. Hidayati menuturkan bahwa, “Semua proses pembangunan di Desa Jambangan ini, Pemerintah Desa juga menggunakan jasa konsultan (Tim Teknis), Sumardi, ST agar semua hasil pembangunan nantinya memiliki kualitas dan mutu yang baik serta dapat terkontrol. Dalam pengerjaan pembangunan kita juga menerapkan pemberdayaan masyarakat sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian warga masyarakat,”tegasnya.


Harapan ke depan, “Dengan adanya pembangunan insfrastruktur ini, warga masyarakat boleh menggunakannya dengan sebaik-baiknya, untuk kegiatan dan aktifitas sehari-hari. Jangan lupa saya mengajak seluruh warga untuk merawat dan menjaganya agar fasilitas-fasilita di Desa bisa awet dipakai dalam jangka waktu yang lama,”harap Hj. Hidayati, Kepala Desa Jambangan. (Zainal)