Desa Cikawung Dapat Kepercayaan World Bank Dari 3 Negara

Iklan Semua Halaman

.

Desa Cikawung Dapat Kepercayaan World Bank Dari 3 Negara

Sku Metropolitan
Kamis, 31 Agustus 2017


Subang, METRO
Delegasi World Bank dari 3 Negara yang terdiri dari Negara Belanda, Australia dan Singapura melakukan kunjungan kehormatan sekaligus kepercayaan kepada Desa Cikawung kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kunjungan tersebut dilaksanakan selama 2(dua) hari yakni hari Rabu dan Kamis 23 -24 Agustus 2017.

Dalam kunjungan ‎tersebut delegasi World Bank didampingi fasilitator Pemerintahan Pusat (Jakarta) juga fasilitator Kabupaten Subang dan Kecamatan Tanjungsiang, sebagai bahan study banding turun langsung melihat dari dekat berba gai kegiatan yang manfaatnya dapat diterima dan dirasakan warga.

Selain itu kunjungan tim delegasi World Bank sebe lumnya melakukan acara ramah tamah dengan Warga Desa Cikawung. Hadir pada acara tersebut Camat Drs. Aep Saefudin dan Muspika Kecamatan Tanjungsiang. Hal itu dikatakan Kepala Desa Cika wung, Nono Heryana kepada METRO, Sabtu (29/8/2017) lalu.

Tim Delegasi World Bank melakukan kunjungan ke berbagai program kegiatan yang ada di Desa Cikawung adalah merupakan sebagai bahan perbandingan dari keberhasilan Desa cikawung dalam pelayanan dan pemberdayaan masyarakat yang juga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat  diantaranya yakni kegiatan PKH, GSC, Posyandu Multi Fungsi,Kampung Binaan dan Pamsimas.

"Kunjungan Tim Delegasi World Bank, melihat kondisi dan standar prosedur pelayanan Posyan du Multi fungsi pada anak, mungkin ini  berbeda dengan Desa lain, maksudnya  kegiatan di posyan du tak hanya digunakan sekali dalam 1 bulan untuk  penimbangan  balita saja, namun di Desa Cikawung para kader Desa  memanfaatkan  posyandu, berkolaborasi digunakan  untuk kegiatan belajar  Paud maupun TK, sehingga kegiatan pelayanan dan pemberdayaan kader setiap harinya tetap berjalan terkecuali hari libur." ungkap Kades Nono.

‎Meski selanjutnya Tim Delegasi World Bank yang didampingi fasilitator perwakilan pusat ( Jakarta) termasuk dari Faskab Subang, langsung menuju Pendopo Balai Desa dan mengadakan dialog dengan masyarakat, terkesan disambut dengan antusias warga sangat gembira. Dalam sambutannya yang disampaikan melalui pendamping  menyampaikan bahwa peran perempuan sangatlah penting dalam program pemberdayaan ini, untuk itu peran dan fungsi perempuan untuk terus ditingkatkan karena “ laki-laki adalah kepala keluarga sedangkan perempuan adalah lehernya” ,ucapnya.‎ (DS/ABH)