Desa Tamban Baru Timur Bangun Kontor Desa

Iklan Semua Halaman

.

Desa Tamban Baru Timur Bangun Kontor Desa

Sku Metropolitan
Sabtu, 26 Agustus 2017
Proyek Bangunan Kantor Desa Tamban Baru Timur Kecamatan Tamban Baru Catur, Kabupaten Kapuas
Kapuas, Metro
Desa Tamban Baru Timur untuk tahun 2017 APBDES mencapai Rp. 1.215.106.215, hal tersebut meliputi  pendapatan yang bersumber dari : Alokasi Dana Desa Rp.  448.965.000,  Dana Desa Rp. 758.548.000, Bagi hasil pajak dan retribusi Rp. 7.593.215

Untuk mengemplementasikan penggunaan dana ADD / DD tersebut yang dituangkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES) dan terakomodir dalam RPJMDes untuk klasifikasi penggunaan pembelanjaan dana tersebut, yaitu untuk kegiatan PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA biaya Rp. 290.265.000 meliputi kegiatan pembayaran penghasilan tetap dan tunjangan, kegiatan operasional kantor desa, kegiatan operasional BPD, kegiatan operasional RT/RW, penyelenggaraan musyawarah desa, kegiatan perencanaan pembangunan desa, penetapan dan penegasan batas. 
Abdul Salam
Kades Tamban Baru Timur

Untuk kegiatan PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA, biaya Rp. 756.032.000 kegiatan peningkatan pembangunan sarana dan prasarana fisik kantor, kegiatan pembangunan sarana dan prasarana fisik sosial, bantuan untuk organisasi keagamaan dan rumah ibadah, kegiatan pembangunan saluran irigasi, kegiatan pembangunan jalan desa, kegiatan pembngunan sarana dan prasarana pendidikan, kegiatan pengadaan sarana dan prasarana taman bacaan masyarakat, kegiatan penghijauan dan pelestarian lingkungan hidup, dan kegiatan pembangunan sarana air bersih. PEMBINAAN KEMASYARAKATAN biaya Rp. 34.400.000 untuk kegiatan ketentraman dan ketertiban, bantuan operasional TP PKK Desa, belanja barang untuk diberikan kepada masyarakat, dan kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama.

PEMBEDAYAAN MASYARAKAT biaya Rp. 134.409.215 untuk kegiatan pelatihan Kepala desa dan perangkat desa, bantuan operasional Posyandu Desa, kegiatan pembinaan pemuda dan olahraga, kegiatan pembinaan kesenian dan sosial budaya, kegiatan pendidikan anak usia dini, kegiatan peningkatan kapasitas lembaga masyarakat, kegiatan pemberdayaan Posyandu  UP2K dan BKB, kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan kegiatan pemberdayaan usaha kecil dan industri rumah tangga. Beberapa bidang kegiatan dimaksud telah menyerap anggaran berkisar Rp. 1.215.106.215 baik dari dana ADD maupun dana DD.

Desa Tamban Baru Timur yang letak posisinya berbatasan dengan salah satu kecamatan di Kabupaten Batola Kalsel, dengan jarak tempuh dari ibu kota Kabupaten Kapuas. Desa yang berpenduduk ± 430 KK ini telah giat melaksanakan kegiatan pemerintahan desa seperti pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana lainnya.

Di tahun 2017 ini beberapa buah bangunan sarana dan prasarana fisik, seperti pembangunan gedung PAUD, dan pembangunan kantor desa. Menurut Kepala Desa Tamban Baru Timur, Abdul Salam kantor desa yang dibangun itu menggunakan dana ADD dan pembangunannya bertahap, karena untuk dana DD peruntukannya hanya pembangunan infrastruktur , hal itu disampaikan ybs ketika Metropolitan menemui diruang kerjanya.

Memang pelaksanaan Pemerintahan Desa Tamban Baru Timur dibawah kepemimpinan Abdul Salam, yang terpilih pada Pilkades serentak tahun 2015 yang lalu, dirasakan masyarakat terarah dan terbukti kemajuannya.

Dalam menjalankan Pemerintahan Desa, Kades Tamban Baru Timur ini selalu engedepankan sikap musyawarah dan demokratis sehingga pelaksanaan kegiatan terencana serta terarah sebagaimana yang tertuang dalam RABDES. (Ahza- Biro Kapuas)