Jumlah Jama'ah Haji Tulang Bawang Meningkat

Iklan Semua Halaman

.

Jumlah Jama'ah Haji Tulang Bawang Meningkat

Sku Metropolitan
Selasa, 01 Agustus 2017
TULANG BAWANG, METRO
Jumlah Jamaah calon Haji asal Kabupaten Tulang Bawang yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah tahun 2017, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Hal itu sebagaimana terlihat dari kegiatan Bimbingan Manasik Haji yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tulang Bawang, Rabu (19/7/2017).  

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 238 jemaah calon haji asal Tulang Bawang mengikuti Manasik, yang dilaksanakan di Islamic Centre Menggala. Jumlah jemaah calon haji itu, meningkat jika dibandingkan tahun 2016 lalu yang berjumlah 194 orang.  Kepala Kantor Kemenag Tulang Bawang Budi Cipto Utomo menjelaskan, sebanyak 238 jemaah calon haji Kabupaten Tulang Bawang tahun ini, diantaranya terdiri dari 116 jemaah laki-laki dan 122 jemaah perempuan. Jemaah paling tua berumur 82 tahun dan yang termuda berusia 18 tahun.  

Sementara untuk pemberangkatan ke Tanah Suci, jemaah calon haji Kabupaten Tulang Bawang nanti rencananya akan tergabung dengan Kabupaten Pringsewu, Pesawaran dan Bandar Lampung.  “Keberangkatannya dibagi menjadi 2 kloter. Yang pertama tergabung dalam kloter 37 yang direncanakan berangkat pada tanggal 14 Agustus sebanyak 235 jemaah. Sedangkan yang kedua tergabung dalam kloter 40 direncanakan brangkat pada tanggal 24 Agustus sebanyak 3 orang yang merupakan jemaah tambahan atau cadangan,” jelas Kepala Kemenag Tulang Bawang.  

Sedangkan jelang keberangkatan, disamping mengadakan manasik haji, saat ini berbagai persiapan juga terus dilakukan oleh Kemenag Tulang Bawang terhadap jemaah calon haji, mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten. Seperti dengan memberikan pembekalan syarat, rukun, wajib dan sunnah ibadah haji dan ketrampilan ibadah haji, serta pengetahuan tentang budaya dan adat istiadat orang arab dan cara menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji.(Fendi)