Bangunan Talud Di Desa Kletekan Guna Tahan Erosi

Iklan Semua Halaman

.

Bangunan Talud Di Desa Kletekan Guna Tahan Erosi

Sku Metropolitan
Sabtu, 16 September 2017

Ngawi, METRO
Guna menahan longsor di musim penghujan dan memperindah wajah jalan ekonomi desa, Pemerintahan Desa Kletekan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi membangun Talud di Dusun Kleleng RT 01 RW 02 sepanjang 350 meter dengan lebar bawah 70cm lebar atas 30 cm dan rata-rata tinggi 2 meter. Di sekitar wilayah pembangunan tersebut ada sekitar 8 RT dengan jumlah warga kurang lebih 1250 jiwa, yang rata-rata mata pencahariannya sebagai petani sayur mayur, peternak kambing dan peternak sapi yang dibina oleh LPMDH.

Tujuan dibangun talud tersebut adalahh untuk penahan erosi tanah, jika musim hujan wilayah tersebut rawan longsor. “Pada awalnya lebar jalan sekitar talud 2,5 meter namun setelah dibangun talud, sekarang menjadi 4 meter. Selain itu, dengan selesainya pembangunan talud jalan itu dapat memperlancar distribusi hasil pertanian, hasil bumi (palawija) dan ternak serta hasil Holtikultura (tanaman pangan) ke pasar Kecamatan Jogorogo, sehingga dapat meningkatkan pendapatan warga masyarakat, Mas,”Terang, Suyatman, TPK Pembangunan Desa Kletekan pada saat ditemui di lokasi pembangunan, (11/9).

Lanjutnya, “Dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Desa Kletekan ini, kami juga menggunakan tenaga Tim Teknis, Bapak Sutarman agar hasil pembangunannya berkualitas, Mas. Kemudian dari anggaran ADD dan Dana Desa kita membangun  Rabat Jalan Di Dusun Gatak RT 01 RW 05, Rabat Jalan di Dusun Pocol RT 01, 06 RW 04. Dalam pengerjaan kita menggunakan unsur pemberdayaan masyarakat dengan mengambil pekerja dari warga masyarakat sendiri, yang mana untuk mandor mendapat upah Rp. 75.000,-/hari dan asisten (tenaga serabutan) menerima upah Rp. 65.000,-/ hari.”tuturnya.

Kepala Desa Kletekan, Kecamatan Jogorogo, Sularso  saat di temui di ruang kerjanya, mengatakan bahwa pembangunan di Desa Kletekan, Kecamatan Jogorogo ini dikerjakan dengan penuh semangat kebersamaan dan guyub rukun diantara warga masyarakat dan perangkat Pemerintahan Desa untuk percepatan pembangunan di segala bidang. “Pemerintahan Desa Kletekan selalu berkomitmen akan selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat demi kemajuan desanya,” katanya pada wartawan Metropolitan.

Lanjutnya, “Saya selaku wakil dari Pemerintahan Desa Kletekan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintahan Pusat dan Daerah yang telah mengucurkan bantuan dana pembangunan, baik berupa Dana Desa maupun ADD, sehingga Desa Kletekan ini bisa terus melanjutkan pembangunannya di segala sektor. Dan harapan kedepannya, agar bantuan seperti ini bisa diberikan secara berkelanjutan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah, sehingga Desa Kletekan dapat memeratakan pembangunannya dan tidak ketinggalan dengan desa-desa lainnya,” pungkas Sularso, Kepala Desa Kletekan. (Zainal)