BPK Akan Audit Penggunaan Dana Desa

Iklan Semua Halaman

.

BPK Akan Audit Penggunaan Dana Desa

Sku Metropolitan
Kamis, 14 September 2017
Subang, METRO
Para Kepala Desa dalam menggunakan Dana Desa (DD) dituntut Harus transparan dan tepat sasaran. Pasalnya penggunaan Dana Desa (DD) untuk tahun ini, akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Jawa Barat.

Hal itu dikatakan Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih, mengingat semakin ketatnya pengawasan penggunaan Dana Desa, seluruh Kepala Desa di Kabupaten Subang, mesti lebih baik atau tepat sasaran dalam penggunaan kedepannya. Sehingga menghasilkan kemajuan desa dan bermanfaat bagi masyarakat. "Dana Desa tahun 2017 akan diaudit BPK. Para kepala Desa akan dipanggil dan mempertanyakan pengguanaan dana desa atau kwitansi penggunaannya. Tidak tertutup kemungkinan Kades bisa jadi tersangka," katanya kepada wartawan, Selasa (12/9).

Kendatipun demikian, Bupati menjelaskan audit BPK atas dana desa tersebut, dikarenakan anggaran Dana Desa yang masuk ke setiap desa tidaklah sedikit. Bahkan ada desa di Kabupaten Subang yang tahun ini, menerima dana desa (DD) Rp 900 juta.‎ Lebih lanjut dijelaskan Bupati Subang, bahwa BPK seyogyanya sudah mulai melakukan audit Dana Desa pada 2016. Namun tidak semua desa yang dilakukan audit, pada tahun lalu hanya 3 desa sebagai sampel yang diaudit. "Tahun 2017 ini, semua desa diaudit. Kepala Desa tidak bisa lagi asal-asalan dalam pelaksanaan dana desa," jelasnya. (DS/ABH)‎