Bupati Tulungagung Bagikan Seragam Gratis Secara Simbolis

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Tulungagung Bagikan Seragam Gratis Secara Simbolis

Sku Metropolitan
Jumat, 15 September 2017

Tulungagung, Metro.
Bupati Tulungagung Syahri Mulyo dan Wakil Bupati Maryoto Birowo, hari Selasa (5/9/17) datang ke kelurahan Kedungsoko dalam rangka untuk memberikan secara simbolis bantuan seragam sekolah gratis bagi siswa kelas 1 SDN dan kelas 7 SMPN 5 Tulungagung. Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung.

Acara dalam program pemberian seragam gratis dan secara simbolis, kepada siswa kelas 1 dan kelas 7 yang diberikan langsung oleh Bupati Syahri Mulyo kepada siswa siswi SD dan SMP, yang ada di desa Kedungsoko. Dalam program pemberian seragam gratis itu, Pemerintah Tulungagung sudah mengeluarkan Dana hampir Rp 30 Miliar anggaran dari APBD Tulungagung. Seragam ini disalurkan kepada sekitar 12.943 siswa, di dalam 612 lembaga SD dan 12.073 siswa di 48 lembaga SMP kelas 7.

Dalam program itu, Bupati Syahri Mulyo mengatakan, “setiap siswa setidaknya menerima 4 stel seragam yang terdiri dari seragam putih, Pramuka, batik dan seragam olahraga. Tak hanya seragam, siswa juga merima sepasang sepatu, kaos kaki, ikat pinggang, setangan leher, topi serta tas ransel. ”Nilainya untuk SD Rp 14 Miliar lebih, kemudian untuk kelas 7 SMP hampir Rp 16 Miliar yang disalurkan pada sekitar 12.943 siswa SD dan 12.073 siswa SMP,” katanya.

Syahri Mulyo juga menambahkan, untuk pemberian seragam gratis ini, merupakan salah satu visi dan misinya saat menjabat sebagai bupati. Kegiatan ini sudah terprogram sejak awal kepemimpinanya. Salah satu visi dan misinya ialah pendidikan murah yang berkualitas. “Sebenarnya kita juga ingin, bukan hanya kelas 1 dan 7 saja yang bisa gratis, kalau bisa semua untuk SD dan SMP nantinya, tapi dana APBD kita saat ini belum bisa untuk mencukupi semua itu. Karena itu kita lakukan dengan cara bertahap”, imbuhnya.

Dengan adanya program itu salah satu wali murid mengaku senang dengan adanya bantuan seragam gratis yang diberikannya. Setidaknya pemberian seragam gratis ini bisa sedikit mengurangi beban biaya pendidikan bagi putra-putrinya. “Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Bupati dan wakil Bupati yang sudah memberikan bantuan seragam pada anak kami,” ungkap Anti salah satu wali murid dari SDN 2 Kedungsoko.

Sementara itu, Iswanto sebagai PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, mengatakan jika pembagian sudah dilakukan secara merata di seluruh lembaga pendidikan negeri setingkat SD dan SMP di Kabupaten Tulungagung. Walaupun agak terlambat pembagiannya, bantuan seragam gratis yang dibagaikan kepada seluruh SD kelas 1 dan SMP kelas 7, tapi itu sudah termasuk sukses, walaupun belum seratus persen sukses sepenuhnya,” katanya.

Iswanto juga menambahkan, “faktor penyebab keterlambatan antar lain setiap siswa tidak sama ukuranya”, tambahnya. (Sar/Jon)