CURUG CIBAREUBEUY BUTUH PERHATIAN PEMKAB SUBANG

Iklan Semua Halaman

.

CURUG CIBAREUBEUY BUTUH PERHATIAN PEMKAB SUBANG

Sku Metropolitan
Sabtu, 30 September 2017

SUBANG METRO.
Curug Cibareubeuy merupakan salah satu Obyek Daerah Tempat Wisata (ODTW) di Kabupaten Subang. Cuaca alam yang sejuk, pemandangan indah yang dihiasi oleh hutan lindung menjadi daya tarik wisatawan untuk datang mengunjungi wisata alam Curug Cibareubeuy. Lokasi yang terletak di kabupaten Subang selatan, tepatnya didesa Cibesi kecamatan Ciater, Jawa Barat. Dengan menempuh perjalanan sekitar 22 Km dari kota Subang untuk mencapai tempat tersebut. Kampung tersebut dihuni penduduk yang ramah yang mayoritas berprofesi sebagai petani.


Kepala Desa Cibesi Acub melalui Sekdes Atang Suhendi saat ditemui METRO mengatakan “wisata alam curug cibareubeuy adalah salah satu obyek daerah tempat wisata (ODTW) yang memiliki cuaca alam yang sangat sejuk dan sekelilingnya di hiasi oleh hutan lindung”. “Jarak tempuh dari lokasi parkir ke lokasi wisata sekitar 2,5 Km, ujarnya.

Atang menambahkan wisata alam curug yang ada di desa Cibesi itu ada 6 lokasi yakni curug cibareubeuy, curug pandawa lima berdampingan dengan curug cibardubeuy, curug cibihak lokasinya di hutan cibihak, curug ciangin dan curug mustika pelangi. Selain itu tidak jauh dari pemukiman warga ada situs makam Sembah Raden, makam Teteh Manten dan makam Eyang Naga Ayunan serta pemandian Cikahuripan. Selain wisatawan domestik ada juga wisata reliji yang berkunjung untuk berjiarah ke makam tersebut. Selanjutnya jalan masuk ke wisata alam curug cibareubeuy baru 400 meter yang plesterisasi beton dengan anggaran dari dana desa (DD).  

Kedepan akan lebih maksimal untuk penataan infrastruktur, hal ini diupayakan untuk menarik minat para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung kelokasi tersebut. Dengan pengujung yang banyak, diharapkan dapat meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan perekonomian masyarakat. Wisata alam tersebut juga bila dikelola dengan baik akan dapat menyerap tenaga kerja warga sekitar, tegas Atang.

Sementara itu, Atang suryana melalui Euming pengurus wisata curug cibareubeuy mengatakan pihaknya sedang melakukan penataan di lokasi wisata alam  yakni  Playing Vop, Saung untuk tempat istirahat dan juga penginapan. Fasilitas lainnya seperti MCK, Kolam Renang, warung khas daerah dan juga yang lainnya sedang dibenahi.  Pengurus tempat wisata bekerjasama dengan Perhutani dan Masyarakat sekitar untuk melestarikan keutuhan Hutan Lindung agar tetap terjaga dengan baik, ujarnya.


Pihak pengurus wisata Curug berharap agar Pemerintah Kabupaten Subang melalui dinas terkait dapat memberikan perhatian serius untuk pembangunan lokasi wisata tersebut. Fasilitas dan infrastruktur di tempat Wisata tersebut masih sangat minim, seperti jalan masih harus dibenahi. Pengurus Wisata juga berharap ada pihak lain yang ber-investasi di tempat tersebut.(ABHJts/Mul)