Dusun Bejen Bangunan Kolam Ikan Dan Penampung Air

Iklan Semua Halaman

.

Dusun Bejen Bangunan Kolam Ikan Dan Penampung Air

Sku Metropolitan
Sabtu, 30 September 2017


Ngawi, METRO
Kegiatan pembangunan pada hakikatnya mengadakan perubahan ekosistem lingkungan hidup di masyarakat. Sehingga partisipasi masyarakat perdesaan sangat diperlukan guna berhasilnya pembangunan tersebut, yang bertujuan dapat meningkatkan penghidupan masyarakat perdesaan. Setiap program pembangunan desa dimaksudkan untuk membantu dan memacu masyarakat desa membangun berbagai sarana dan prasarana desa yang dibutuhkan.

Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Pembangunan/ Phisik Desa Pandasari, Hariyono mengatakan bahwa, “Untuk tahun ini, Pemerintah Desa Pandasari masih fokus pada pembangunan infrastrukturnya. Dari bantuan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2017, salah satunya untuk membangun kolam perikanan dengan ukuran 18 meter x 6 meter dan membuat bak air untuk menampung air dari sumber yang dialirkan ke warga masyarakat Pandasari,”katanya.

Kepala Desa Pandasari, Kecamatan Sine, Supriyadi, membenarkan penuturan dari Hariyono, TPK Pembangunan Desa Pandasari “Memang benar. pembangunan kolam perikanan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian desa dan menggerakkan kegiatan ekonomi rakyat, sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat, mempercepat kemajuan ekonomi desa, memberikan akses bagi masyarakat desa untuk berusaha, menciptakan lapangan kerja, memperlancar distribusi hasil bumi dan jasa, serta menjamin tersedianya bahan pangan dan bahan pokok lainnya,”terangnya pada wartawan Metropolitan, saat ditemui di lokasi pembangunan, (27/9).

Lanjutnya, Supriyadi, Kepala Desa Pandasari, Kecamatan Sine, mengatakan bahwa rencananya jika kolam tersebut sudah jadi, akan dicarikan bibit ikan untuk pembibitan ataupun untuk pemancingan. Pengelolaan kolam tersebut akan diserahkan ke Karang Taruna Desa Pandasari agar nantinya dapat dikelola secara professional sehingga dapat menghasilkan pendapatan tambahan. Selain itu, di sekitar kolam juga dibangun tempat penampungan air dari sumber mata air yang disalurkan ke rumah-rumah warga.” Terangnya.

Harapannya kedepan, “Saya selaku wakil dari Pemerintah Desa Pandasari, Kecamatan Sine, berharap agar bantuan dana pembangunan dan program-program yang inovatif dari Pemerintah Pusat dan Daerah tidak hanya berhenti di sini saja, melainkan dapat diberikan secara kontinyu dan berkelanjutan, sehingga pemerataan dan percepatan pembangunan di kawasan perdesaan dapat terwujud dengan maksimal,” pungkas Supriyadi, Kepala Desa Pandasari, Kecamatan Sine. (Setiyo)